Charlie Hall pencipta kasur air di tahun 1968. (Foto: Dok. Seattletimes)
Charlie Hall pencipta kasur air di tahun 1968. (Foto: Dok. Seattletimes)

Charlie Hall, Si Pencipta Kasur Air yang Melegenda

Rona keluarga
Timi Trieska Dara • 23 Juni 2020 10:00
Jakarta: Anda ingat kasur air? Sekitar tahun 70 hingga 80-an awal kasur air merupakan hal yang mewah. Bahkan banyak yang menjulukinya kasur 'orang kaya'. Ini terjadi lantaran harganya yang mahal di zaman itu.
 
Kalau dibilang empuk, sudah pasti. Makanya barang ini termasuk salah satu barang mewah pada zamannya. Inilah kisah si Pencipta Kasur Air, Charlie Hall yang awalnya ia ciptakan tahun 1968 sebagai thesis project di San Francisco State University.
 
Di sekolah pascasarjana, mahasiswa desain industri Charlie Hall ditugaskan untuk meningkatkan kenyamanan manusia. Menurutnya ranjang harus lebih nyaman. Ketika ia berjalan-jalan di tepi pantai ia langsung berpikir untuk membuat alas tidur berbahan air tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Charlie Hall, Si Pencipta Kasur Air yang Melegenda
(Kasur air buatannya telah banyak kemajuan dalam desain dan bahannya. Foto: Dok. Great Big Story)
 
"Saat menciptakan kasur air, saya berbicara dengan terapis fisik dan dokter, berapa suhu yang tepat dan lain sebagainya," kata Charlie Hall, di kediamannya di Bainbridge Island, Washington.
 
Setelah itu, Charlie memelajari kontrol suhu yang tepat untuk kenyamanan kasur air. Kemudian, para penguji menyukai kasur air yang diciptakannya.
 
"Semua menyukainya," kata dia. Dan, tentu saja ia dapat nilai A dari tugas akhir itu. Kini, kasur air buatan Charlie mendunia. Itu sesuai dengan yang ia harapkan. Ia mendapatkan nilai bisnis yang fantastis di saat itu yaitu lebih dari USD2 miliar dan mendapatkan patennya di tahun 1971 dengan pembaruan desain ciptaannya. Jadi, sudah ingin mencoba kasur air?

 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif