Ada efek baik ketika menyanyikan bayi Anda lagu. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ada efek baik ketika menyanyikan bayi Anda lagu. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Efek Positif Menyanyikan Bayi Anda

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 10 Oktober 2019 06:00
Jakarta: Menyanyikan bayi Anda merupakan hal yang umum dilakukan oleh seorang ibu. Dengan menyanyikan bayi Anda juga banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. 
 
“Bayi belajar bagaimana untuk terkoneksi dengan orang tua mereka, dan mendengar suara orang tua dapat membantu bayi. Bayi juga belajar bagaimana cara untuk menenangkan dirinya sendiri," ucap ujar Maureen Healy, seorang parenting coach di Growinghappykids.com.
 
"Dan itu bisa didapatkan dengan mendengarkan suara orang tua mereka terutama ketika mendengar orang tua mereka menyanyikan lagu untuk mereka,” tambahnya lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Irama lagu-lagu anak atau lirik tertentu dapat sangat bermanfaat bagi bayi, terutama jika dikoordinasikan dengan gerakan terentu seperti mengayun-ayunkan bayi dapat memberikan efek menenangkan bagi mereka,” ujar Healy.
 
Efek Positif Menyanyikan Bayi Anda
(Maureen Healy, seorang parenting coach di Growinghappykids.com mengatakan bayi dapat merasakan nada emosional dan ketika Anda memilih lagu yang Anda sukai. Foto: Pexels.com)
 
Tidak hanya bagi bayi, ternyata bernyanyi untuk bayi Anda juga berdampak positif pada diri sendiri. “Selain bisa meningkatkan ikatan Anda dengan bayi Anda, bernyanti adalah cara yang baik untuk meningkatkan mood Anda, yang sudah dibuktikan dengan penelitian,” kata Healy. 
 
“Dengan menyanyikan sesuatu maka hal itu dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan itu juga bisa membuat bayi Anda merasakan lingkungan sekitar yang positif. Bayi sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya termasuk cahaya, bau, sentuhan, dan tentunya suara.”
 
Dikutip dari Time, menyanyi juga dapat berdampak pada otak Anda dengan melepaskan hormon endorphin dan oksitosin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia. 
 
Selain itu, menyanyi juga dapat mengurangi kortisol, yang menyebabkan berkurangnya stres secara keseluruhan bagi orang-orang yang bernyanyi secara teratur. 
 
“Bayi dapat merasakan nada emosional dan ketika Anda memilih lagu yang Anda sukai maka bayi akan merasakan juga kondisi emosional Anda tersebut,” papar Healy kepada Romper. Jadi dengan menyanyikan lagu yang Anda sukai kepada si kecil, itu dapat benar-benar membantu Anda mengangkat keadaan emosi Anda tanpa disadari.  
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif