Wirda Mansur tetap teguh menjalani bisnis di tengah pandemi covid-19. Apa rahasianya? Simak obrolan santai berikut ini. (Foto: Dok. Instagram Wirda Mansur/@wirda_mansur)
Wirda Mansur tetap teguh menjalani bisnis di tengah pandemi covid-19. Apa rahasianya? Simak obrolan santai berikut ini. (Foto: Dok. Instagram Wirda Mansur/@wirda_mansur)

Tips Wirda Mansur Berbisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Rona tips & trik covid-19 pandemi Wirda Mansur
Kumara Anggita • 01 Juni 2020 19:32
Jakarta: Pandemi covid-19 telah mengganggu banyak binsis. Namun, Wirda Mansur selaku pengusaha muda tak begitu khawatir. Dia mengaku bahwa bisnisnya saat ini juga terdampak, namun dia percaya bahwa Tuhan akan memberikan jalan. 
 
“Efek domino (akibat pandemi) sangat terasa. Salah satu usaha gue di travel sangat berimbas. Cuma bokap selalu ajarin semua yang terjadi sudah diatur oleh Dia (Tuhan),” ujarnya di Live Instagram Medcom.id dalam acara Ngobras (Ngobrol Asyik) bertajuk "Anak Muda Mandiri di Tengah Pandemi".
 
“Alhamdulillah kita punya usaha lebih dari satu. Jadi satu drop yang lain bisa bantuin,” ujar pemilik akun Instagram @wirda_mansur ini. 

Lebih sensitif dengan peluang

Wirda juga memiliki bisnis kosmetik. Pada awalnya dia sempat bertanya-tanya siapa yang akan pakai lipstik bila semua berada di rumah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dia tetap yakin bahwa ada jalan. Dan benar, dia akhirnya bisa menjual produknya pada orang-orang yang bekerja di rumah melalui Zoom atau platform lainnya. 
 
Ternyata orang-orang tetap pakai lipstik saat meeting atau semacamnya. Pandemi covid-19 ternyata membuat Wirda jadi lebih jeli melihat peluang. 
 
Ia melihat apa yang dibutuhkan konsumen saat ini dan meminta tim marketingnya bekerja sama. 

Tips dari Wirda

Walau terlihat kondisi sulit, Wirda menyarankan agar orang-orang berusaha saat pandemi. Banyak orang yang ingin berjualan namun ragu. 
 
Menurutnya keraguan ini bukan tentang seseorang punya kemampuan menjadi pengusaha atau tidak, melainkan mereka ragu apakah produknya akan terjual. 
 
Keraguan inilah yang harus ditabrak karena ada pembelajaran yang akan muncul setelahnya. Masukan darinya adalah orang yang baru memulai usaha untuk yakin dan tetap melanjutkan usahanya. 
 
“Memang keraguan harus dilawan bukan cuman di usaha tapi di hal lain. Latih diri biar bijak dan tegas dalam memilih,” ujarnya.
 
Untuk mengurangi risiko kegagalan, ia menegaskan agar para penjual untuk lebih peka pada keadaan. “Lihat apa yang dibutuhin. Kembali lagi ke kita passion apa,” ujarnya. 
 
Dia juga ikut senang melihat semakin banyak orang yang berjualan di tengah pandemi. Menurutnya, semua orang memiliki mental bertahan hidup dan di sinilah itu terlihat. 
 
“Alhamdulilah teman-teman makin kreatif, teman banyak yang jualan. Satu sisi saya bahagia dan senang. Orang belajar survive, lebih bagus dari minta-minta,” ungkapnya.

Tips untuk orang yang mau mulai usaha

Wirda melihat bahwa ada kecenderungan yang sering terlihat pada para penjual. Biasanya mereka tidak sabar ingin langsung naik ke tahap berikutnya.
 
“Mereka cenderung ingin loncat tapi belum saatnya. Misal awal jualan makanan, tempe kemasan, bakso kemasan. Karena banyak minat ditambah, ke kue, dan lain-lain. Itu maruk bukan kreatif,” ujarnya. 
 
Menurut pemilik nama panjang Wirda Salamah Ulya Mansur ini, seharusnya mereka konsisten menjual produknya secara bertahap sampai menjadi besar.
 
“Kumpulim dulu dari awal 100 customer. Itu database yang mahal buat kalian. Dari situ kalian maintain,” ungkapnya. "Kalian tawarin dari situ, jadi punya reseller,” ujarnya. 
 
Jadi intinya, Anda yang ingin membuka bisnis harus fokus dan tetap bersabar. Tak lupa pula dia menekankan dalam prosesnya, para pengusaha harusnya juga berbagi. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif