Benarkah Video Gim Kekerasan Memicu Sifat Agresif?

Sri Yanti Nainggolan 15 September 2018 15:56 WIB
kekerasankeluargapsikologi
Benarkah Video Gim Kekerasan Memicu Sifat Agresif?
Benarkah Video Gim Kekerasan Memicu Sifat Agresif? (Foto: via hastac)
Jakarta: Banyak orang berpikir gim yang menunjukkan kekerasan adalah pemicu seseorang menjadi lebih agresif. Ternyata, asumsi tersebut terbantahkan.  

Sebuah studi yang dipublikasi dalam Nature journal Molecular Psychology membuktikan bahwa video gim kekerasan bukanlah alasan mengapa orang menjadi agresif.

Penelitian tersebut membagi 77 relawan menjadi tiga kelompok yang bukan pemain gim dan sehat. Setiap kelompok diberikan kuesioner dan tes penilaian kepribadian terlebih dahulu. Kemudian, selama dua bulan berikutnya, satu kelompok diminta bermain Grand Theft Auto V selama 30 menit setiap hari.


Kelompok kedua diminta untuk memainkan Sims 3, permainan tanpa kekerasan. Sementara, kelompok terakhir diminta untuk kembali dua bulan kemudian untuk putaran kedua tes serupa. Semua kelompok juga diberi tes putaran ketiga dua bulan setelah itu.

Setelah menilai semua tes, para peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan dalam tingkat agresi para peserta sebelum dan sesudah mereka mulai bermain di ketiga kelompok. Sama halnya dengan empati, kontrol impuls, tingkat kecemasan dan depresi. Selainitu, tidak ada perbedaan yang jelas di antara kelompok-kelompok itu sendiri.

Penulis penelitian mengatakan bahwa beberapa studi terdahulu yang telah menemukan efek berbahaya sebenarnya menunjukkan fenomena teori yang disebut priming.

Teori Priming berbicara tentang pikiran dan tindakan yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Dalam kasus gim ini, teori priming menunjukkan bahwa melihat atau memainkan game video kekerasan mungkin membuat seseorang lebih mudah dan lebih cepat tersinggung.

Tetapi efek priming belum terbukti berlangsung lebih dari beberapa menit. Dan untuk lebih mengolok-olok teori ini, banyak penelitian telah gagal menunjukkan bukti konkrit apa pun terkait hal tersebut.


 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id