Usia 40 tahun merupakan periode di mana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)
Usia 40 tahun merupakan periode di mana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)

Hal-hal yang Perlu Anda Lakukan Menjelang Usia 40 Tahun

Rona psikologi
Kumara Anggita • 20 Mei 2019 18:55
Usia 40 tahun merupakan periode di mana manusia mencapai puncak kehidupannya baik dari segi fisik, intelektual, emosi, maupun spiritualnya. Pada periode ini, manusia benar-benar telah meninggalkan usia mudanya dan melangkah ke usia dewasa yang sebenar-benarnya.
 
Jakarta: Pada usia 40 tahun ketegangan mulai menurun. Namun pada masa ini pula, Anda akan memahami konsep kehidupan secara lebih baru.
 
Cobalah untuk melakukan hal-hal yang berisiko yang sebelumnya tidak berani atau belum semat Anda ambil selagi masih ada waktu. Dengan ini, Anda tak akan terjebak dalam rutinitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum 40 tahun yang dilansir dari Reader's Digest.

-Katakan tidak

Erica Korman, psikoterapis, psikis mengatakan bahwa penting untuk menekankan kata "tidak". Bahkan jika Anda tidak tahu persis mengapa Anda tidak ingin melakukan sesuatu atau semacamnya. Mengambil risiko dalam menolak kesempatan bisa membangun karakter Anda.
 
"Di usia paruh baya, saatnya untuk menyadari bahwa hidup ini singkat dan tidak ada waktu untuk menyia-nyiakan hal-hal yang tidak terasa enak atau benar bagi Anda," terang Korman.

-Maafkan diri

Jaclyn Mellone, pelatih bisnis dan kehidupan mendesak Anda untuk terus maju ketika ada masalah atau penyesalan yang membebani Anda selama ini.
 
"Buang rasa bersalah, dan malu. Ketika Anda menemukan rasa terima kasih untuk setiap langkah di sepanjang jalan, terutama yang Anda sesali, Anda akan merasa lebih ringan, lebih bahagia, dan mulai menghargai perjalanan Anda,” tegas Mellone.

-Beri ceramah umum

Kristina Hallett, PhD, ABPP, seorang psikolog klinis mengatakan, mereka yang memiliki pengalaman matang khawatir akan terlihat bodoh, tidak melakukan pekerjaan dengan baik, atau dihakimi. Karena itu tak ada salahnya untuk memberi ceramah umum yang Anda kuasai.
 
“Menghadapi rasa takut dan melakukannya tetap memungkinkan Anda kesempatan untuk melihat bahwa dunia tidak akan berakhir, Anda tidak akan mengalami serangan jantung, dan Anda masih orang yang baik," katanya.
 
"Tidak peduli bagaimana pembicaraannya, ini akan membawa Anda selangkah lebih dekat untuk mengambil risiko lain,” lanjutnya.

-Belanja hal-hal yang Anda Sukai

Memang ketika dewasa kita dibiasakan untuk menyimpan uang demi kebutuhan yang penting. Sebelum menginjak usia 40 tahun, tidak ada salahnya untuk membeli barang-barang yang Anda dambakan selama ini, walaupun harganya mahal. Ini bisa menjadi hadiah untuk diri anda sendiri yang sudah menempuh berbagai hal.

-Berjalan-jalan sendiri

Meskipun bepergian sendirian akan menantang zona nyaman Anda, itu juga akan memaksa Anda untuk memiliki pengalaman yang mungkin Anda hindari dari biasanya.
 
Beri diri Anda kesempatan untuk mengandalkan intuisi Anda sendiri. Anda kemungkinan besar akan menjauh dari pengalaman dengan kejernihan mental, peningkatan kepercayaan diri, dan mungkin kesadaran bahwa kadang-kadang Anda perlu memberi diri Anda izin demi hanya melakukan hal yang Anda inginkan.
 
Anda bisa memilih apapun yang bersesuaian dengan minat Anda. Intinya lakukan hal-hal yang selama ini Anda telah pendam untuk membuat hari-hari terasa baru.
 
Lawan Faktor "U" Agar Tetap Sehat dan Produktif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif