Kapankah Sebaiknya Bayi Tidur Menggunakan Bantal?

Raka Lestari 11 Juli 2018 13:19 WIB
perkembangan anak
Kapankah Sebaiknya Bayi Tidur Menggunakan Bantal?
Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sekitar 3.500 bayi meninggal di Amerika Serikat setiap tahun karena penyebab yang berhubungan dengan tidur. (Foto: Tara Raye/Unsplash.com)
Jakarta: Bagi mereka yang baru pertama kali memiliki bayi biasanya akan menghiasi kamar calon bayi mereka dengan berbagai macam aksesoris. 

Namun tahukah Anda banyak dokter anak, buku bayi, atau bahkan website yang menyebutkan bahwa bantal dan boneka merupakan barang-barang yang bisa menyebabkan bayi Anda kekuarngan napas? Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan waktu yang aman bagi anak-anak agar bisa tidur dengan menggunakan bantal.

"Bagi anak-anak atau bayi yang memiliki tempat tidur sendiri, penting bagi mereka untuk memiliki tempat tidur di mana mereka dapat bergerak dengan bebas, seperti berguling-guling, duduk, atau berdiri," ujar Elizabeth Murray, MD, dokter anak di Golisano Children's Hospital, New York, kepada Romper. "Bagi sebagian anak, itu mulai bisa dilakukan ketika berumur satu tahun."


(Baca juga: Posisi Tidur Bayi Menentukan Kualitas Tidur Bayi)


("Bagi anak-anak atau bayi yang memiliki tempat tidur sendiri, penting bagi mereka untuk memiliki tempat tidur di mana mereka dapat bergerak dengan bebas, seperti berguling-guling, duduk, atau berdiri," ujar Elizabeth Murray, MD, dokter anak di Golisano Children's Hospital, New York. Foto: Courtesy of Q/Fotolia)

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), sekitar 3.500 bayi meninggal di Amerika Serikat setiap tahun karena penyebab yang berhubungan dengan tidur. Diantara penyebabnya adalah Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), serta mati lemas karena tidur di bantal, sofa, dan permukaan lunak lainnya.

"Risiko bayi mengalami kesulitan bernapas sangat tinggi," ujar Dr Murray. "Meskipun bayi yang masih kecil belum bisa berguling-guling, mereka tetap melakukan pergerakan ketika sedang tidur. Bayi bisa mendorong bantal dengan cara membungkuk ke bawah bantal saat tidur sehingga kepala mereka akan masuk ke dalam bawah bantal yang menyebabkan mereka akan kesulitan bernapas."

Tetapi ketika anak-anak sudah bisa mengembangkan kekuatan untuk duduk, berdiri, dan berjalan secara mandiri, mereka mampu mengubah posisi mereka saat mereka tidur, dan bantal tidak lagi berbahaya ketika mereka tidur. 

Anda bisa mulai memberikan bantal ketika mereka tidur pada usia 2 atau 3 tahun ketika perkembangan mereka sudah cukup untuk memindahkan bantal jika menutupi pernapasan mereka.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id