Jika Anda merasa gelisah atau cemas terhadap seseorang yang belum membalas pesan atau panggilan Anda, mungkin Anda bisa langsung membicarakannya kepada mereka. (Ilustrasi/Pexels)
Jika Anda merasa gelisah atau cemas terhadap seseorang yang belum membalas pesan atau panggilan Anda, mungkin Anda bisa langsung membicarakannya kepada mereka. (Ilustrasi/Pexels)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Membuat Anda Cemas?

Rona psikologi
Raka Lestari • 15 Februari 2020 12:09
Jakarta: Ponsel merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari di zaman yang serba modern ini. Berbagai macam kegiatan dilakukan melalui ponsel, mulai dari menelpon, mengirim pesan, bermain sosial media, dan banyak lagi.
 
Akan tetapi bagaimana bila kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan dengan ponsel tersebut justru menimbulkan kecemasan? Apa yang harus dilakukan?
 
Anda tidak perlu khawatir jika hal itu terjadi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ponsel Anda justru menimbulkan rasa kecemasan, seperti dilansir huffpost:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dimulai dengan mengidentifikasi rasa cemas Anda 
 
Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang sebenarnya menyebabkan Anda merasa stres. “Ketakutan ini seringkali muncul dari ekspektasi yang tidak tercapai,”ujar Karla Ivankovich, seorang psikolog yang berbasis di Chicago. Situasi yang membuat Anda berpikir berlebihan terkadang bisa menjadi penyebabnya, menurut Ivankovich.
 
Alihkan perhatian Anda
 
Usahakan untuk membuat otak Anda tetap sibuk sehingga tidak perlu membuka atau mengecek ponsel Anda terlalu sering. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat pada ponsel sehingga Anda tidak akan terganggu dengan pesan atau panggilan yang masuk ke ponsel Anda. Cara lain yang juga bisa digunakan adalah dengan menyimpan ponsel di ruangan yang berbeda dengan Anda sehingga Anda malas mengambilnya.
 
Komunikasikan apa yang Anda butuhkan
 
Jika Anda merasa gelisah atau cemas terhadap seseorang yang belum membalas pesan atau panggilan Anda, mungkin Anda bisa langsung membicarakannya kepada mereka. “Cobalah untuk mengatakan apa yang Anda inginkan dari mereka. Dan jangan lupa untuk bersiap pada jawaban dari mereka karena setiap orang memiliki pola komunikasi yang berbeda-beda,” ujar Ivankovich. 
 
Beberapa orang mungkin membalas pesan dengan cepat, tetapi beberapa lainnya mungkin tidak.
 
Membuat batasan dengan ponsel Anda
 
“Pertimbangkan untuk berhenti sejenak menggunakan ponsel Anda, sekalipun ponsel Anda sedang berada dalam saku Anda,” ujar Ivankovich.
 
Pada saat-saat ini, Anda bisa mematikan ponsel Anda atau menggantinya dengan mode getar agar tidak mengganggu. Mulailah dengan periode waktu yang pendek sambil ditingkatkan secara bertahap durasinya. "Lakukan hal tersebut sampai membuat Anda kembali merasa nyaman,” terangnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif