Mainan Si Kecil Dukung Perkembangan Kognitif, Sosial dan Emosional Anak

Yatin Suleha 21 November 2018 20:33 WIB
perkembangan anak
Mainan Si Kecil Dukung Perkembangan Kognitif, Sosial dan Emosional Anak
Empat tahap tumbuh dan kembang anak antara lain seperti motorik, berpikir, emosi/sosial dan sensorik. Dan hendaknya mainan si kecil juga memiliki produk yang mendukung proses tersebut. (Foto: Dok. ELC)
Jakarta: Menurut sebuah penelitian dari Blue Sky Science (Sebuah kolaborasi dari Wisconsin State Journal dan Morgridge Institute for Research, 2016) menyatakan bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak di segala hal.

Hal ini berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pengembangan bahasa. Selain memiliki peran penting untuk perkembangan anak-anak, peran orang tua diperlukan untuk memastikan bahwa alat pendukung disediakan dalam mensukseskan proses ini melalui bermain.  

Menyambut akhir tahun, spesialis mainan edukatif, Early Learning Centre 14 November lalu telah meluncurkan koleksi mainan khusus liburan 2018.



(Menurut sebuah penelitian dari Blue Sky Science (Sebuah kolaborasi dari Wisconsin State Journal dan Morgridge Institute for Research, 2016) menyatakan bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak di segala hal. Foto: Dok. ELC)

Senior Brand Manager Early Learning Center, Mohit Nigam mengatakan, “Kami mendasarkan bisnis kami sebagai platform untuk menciptakan dunia kegembiraan dan penemuan, di mana bermain dan berkembang berjalan beriringan di kedua tempat, dan sebuah koleksi mainan."

"Desainer mainan kami bekerja dengan para ahli pendidikan, spesialis dan psikolog anak untuk mendatangkan ide-ide besar untuk mainan baru yang membantu tumbuh kembang anak melalui bermain. Komitmen untuk mengembangkan rancangan produk yang unik demi kebutuhan perkembangan anak sangat penting untuk keberhasilan Early Learning Centre,” tambah Mohit Nigam.

(Baca juga: Bermain Punya Peran Penting bagi Si Kecil)

Sebagai salah satu mitranya, rumah psikolog TigaGenerasi menjelaskan tentang bagaimana ikon pengembangan penting bagi orang tua saat mereka memilih mainan untuk anak-anak mereka.

Perkembangan anak dibagi menjadi empat tahap seperti motorik, berpikir, emosi/sosial dan sensorik.

Sementara masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam setiap kategori usia dan hendaknya mainan si kecil juga memiliki produk yang mendukung proses tersebut, yakni mainan edukatif.


(Empat tahap tumbuh dan kembang anak antara lain seperti motorik, berpikir, emosi/sosial dan sensorik. Sementara masing-masing dari mereka memainkan peran penting dalam setiap kategori usia dan hendaknya mainan si kecil juga memiliki produk yang mendukung proses tersebut. Foto: Dok. ELC)

Proses itu dimulai ketika anak-anak bermain dan memiliki interaksi dengan teman bermain (bisa melalui orang tua atau teman sebaya) dan akan menyebabkan otak senang dan menghasilkan nilai tambah bagi tumbuh kembang anak.

Saskhya Aulia Prima, psikolog dan pendiri TigaGenerasi mengatakan, “Bermain bukan sesuatu yang mewah, bermain adalah suatu keharusan. Bermain berdampak pada otak dengan melalui korteks prefrontal (pusat kendali otak) menjadi lebih besar dan lebih cepat."

"Tahap ini akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi dan bahkan pekerjaan sekolah. Itulah alasan mengapa bermain merupakan hal penting untuk perkembangan otak yang sehat.”

 



(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id