London Menjadi Kota Impian untuk Berkuliah
Meskipun biaya hidup mahal, London terbukti sebagai kota impian untuk menempuh jenjang perguruan tinggi, demikian menurut ranking internasional. (Foto: Tamara Menzi/Unsplash.com)
Jakarta: Meskipun biaya hidup mahal, London terbukti sebagai kota impian untuk menempuh jenjang perguruan tinggi, demikian menurut ranking internasional. 

Ibu kota Inggris tersebut mengalahkan Montreal yang menduduki peringkat pertama tahun lalu, berdasarkan QS Best Student Cities Ranking 2018. 

Analisa yang dilakukan oleh QS Quacquarelli Symonds tersebut melibatkan 50 ribu siswa yang menceritakan bagaimana pengalaman mereka di kota masing-masing dan keinginan mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. 


London mendapat peringkat tinggi dalam topik mendapatkan pekerjaan saat semester terakhir, dan dinilai sebagai kota internasional dengan tingkat toleransi dan keberagaman yang tinggi. 

Beberapa universitas top juga terdapat di kota tersebut seperti Imperial College dan UCL, serta sekolah seni kelas dunia dan konservatori musik.


(London mendapat peringkat tinggi dalam topik mendapatkan pekerjaan saat semester terakhir, dan dinilai sebagai kota internasional dengan tingkat toleransi dan keberagaman yang tinggi. Foto: Michael Ash/Unsplash.com)

(Baca juga: Lulus S1, Gita Gutawa Langsung S2 di London)

Namun, ketika membahas tentang keterjangkauan, peringkat London merosot ke angka 113. 

"Peringkat tahun 2018 menyoroti kualitas pengalaman siswa yang bertahan lama yang ada di London," kata Ben Sowter, direktur penelitian di QS.

Menurutnya ada banyak keuntungan dari berkuliah di London, yaitu prospek pekerjaan yang luar biasa, lebih banyak universitas kelas dunia daripada kota lainnya, dan peluang gaya hidup yang patut ditiru.

"Faktor-faktor tersebut berarti bahwa ibu kota tersebut tetap menjadi tempat yang bagus untuk belajar meskipun ada biaya yang sangat mahal."





(TIN)