Banyak Konsumen Mencari Brand Ternama di Penjualan Online

Raka Lestari 29 Mei 2018 16:00 WIB
ecommerce
Banyak Konsumen Mencari <i>Brand</i> Ternama di Penjualan <i>Online</i>
Saat ini, penjualan barang-barang melalui online tidak hanya dilakukan oleh mereka yang masih merintis usaha tetapi juga brand-brand ternama. (Foto: Ilustrasi. Dok. Rawpixel/Unsplash.com)
Jakarta: Saat ini, penjualan barang-barang melalui online tidak hanya dilakukan oleh mereka yang masih merintis usaha tetapi juga brand-brand ternama yang sudah memiliki nama besar di masyarakat tidak mau kalah untuk menjual produk-produk mereka secara online.

Mengingat ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan penjualan online salah satunya adalah bisa menjangkau konsumen yang lebih banyak dibandingkan menjualnya secara offline. 

"Dari kacamata bisnis, dengan merambah online bisa menjangkau para konsumen yang selama ini tidak bisa dijangkau secara fisik," ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee dalam acara Media Gathering Shopee bersama Bonnet Supermarket, di Surabaya, Senin 28 Mei 2018. Menurut data Shopee, lebih dari 60 persen pengguna berada di luar Jabodetabek dan mayoritas berusia 25-30 tahun. 



(Acara Media Gathering Shopee bersama Bonnet Supermarket, di Surabaya, Senin 28 Mei 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

(Baca juga: Tips Belanja Online yang Aman)

Meskipun untuk penjualan online masih banyak dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM), para peritel besar pun sudah mulai menjual produk-produk mereka secara online. Menurut Rezki, hal ini karena selalu ada konsumen yang memang mencari brand yang sudah terkenal ketika membeli produk secara online.

"Hal ini terjadi karena trustworthy produknya pun berbeda. Pertama, karena produknya memang sudah bagus, kemudian karena memang dari segi operasionalnya pun sudah siap."

"Untuk seller yang ada di Shopee sendiri ada sekitar 2 juta, dan yang sudah memiliki brand ada sekitar 2 ribu. Memang masih lebih banyak UKM dibandingkan brand namun ke depannya masih akan terus bertambah," ujar Rezki.

Di Shopee sendiri, produk kesehatan dan kecantikan menjadi kategori produk yang paling banyak dibeli oleh pengguna. Namun selama bulan Ramadan terjadi peningkatan untuk makanan dan minuman. 





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360