Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Pindah ke Luar Negeri
(Foto: Femalefirst)
Jakarta: Hidup berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain merupakan pengalaman berharga sekaligus menegangkan. 

Perlu diketahui bahwa ketika Anda memutuskan pindah ke negara lain, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan dengan baik agar tak menemui kendala di kemudian hari. 

1. Visa


Pastikan visa Anda masih berlaku dan sesuai dengan tujuan Anda. Hal ini sangat penting agar Anda tidak menemui masalah di kemudian hari. 

2. Bea cukai lokal

Jika Anda berencana untuk bekerja di luar negeri, Anda harus benar-benar mengenal kebiasaan bisnis lokal di dekat tempat tinggal baru.

3. Pajak

Pindah ke negara lain bukan berarti Anda dapat melarikan diri dari tanggung jawab pajak. Lebih baik konsultasikan pada ahlinya tentang bagaimana mengurus pajak di tempat tinggal baru Anda.

4. Asuransi kesehatan dan medis

Anda tak bisa menganggap kesehatan Anda secara otomatis dilindungi oleh negara, sebab tiap negara punya persyaratan berbeda saat menerima perawatan. Ada baiknya Anda memutuskan asuransi kesehatan mana yang akan diambil dan terbaik bagi Anda.

5. Hewan piaraan

Apabila Anda berencana membawa hewan peliharaan, ada sejumlah hal yang perlu Anda pertimbangkan. Misalnya seperti transportasi, imunisasi dan biaya hidup hewan peliharaan di negara tempat Anda menetap.

6. Biaya hidup

Sebelum pindah ke tempat tinggal yang baru, sebaiknya pahami situasi keuangan Anda kini dan masa yang akan datang. Anda perlu juga mencari tahu bagaimana biaya makanan, bahan bakar, minuman dan lainnya. Pastikan juga upah baru Anda bisa mencukupinya.

7. Bahasa

Seandainya Anda pindah ke sebuah negara dengan bahasa asing yang belum Anda kuasai, ada baiknya mempelajari unsur-unsur penting dari bahasa tersebut. Terutama jika Anda berencana tinggal di sana dalam jangka waktu yang lama. 





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id