Apakah Anda senstif terhadap kebutuhan si kecil? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apakah Anda senstif terhadap kebutuhan si kecil? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Apakah Anda Sensitif terhadap Kebutuhan Si Kecil?

Rona keluarga
Kumara Anggita • 03 Desember 2019 10:42
Jakarta: Menjadi orang tua adalah hal yang tidak mudah. Walaupun Anda sudah merasa memberikan yang terbaik, tetap saja anak merasa kurang tercukupi.
 
Karena itu, Psikiater Prof. DR. dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ(K) mengungkapkan bahwa sebagai orang tua, Anda harus sensitif atas kebutuhan anak. Ini bisa dilakukan dengan peduli padanya.
 
"Kalau ibu sayang sama anaknya sejak dalam kandungan, itu dia tahu anak maunya apa. Kalau dia ngasuh sehari-hari, dia pasti tahu," jelasnya di Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sering survei bukan secara penelitian tapi sama ibu-ibu yang datang pada saya. 'Ibu bagaimana tahu bayi nangis minta digendong?' 'Oh dok nangisnya beda. Kalau nangisnya karena sakit melengking-lengking. Kalau popoknya basah beda, gelisah saja. Jadi saya deketin ganti.'," lanjutnya.
 
Apakah Anda Sensitif terhadap Kebutuhan Si Kecil?
(Berikan waktu kepada anak tanpa terdistraksi pikiran tentang pekerjaan Anda sehingga bisa berkualitas. Foto: Pexels.com)
 
Karena itu, saat bersama anak, Anda harus fokus. Misalnya dengan selalu membangun waktu yang berkualitas pada saat sedang mengasuh.
 
"Kualitasnya. Saya selalu bilang pada orang tua yang datang pada saya. Kalau mau kerja, kerja saja dulu. Anak dikasih saja aktivitas (saat bekerja). Tidak harus main 24 jam kan. Ada waktunya bermain. Setelah bekerja ya sudah main. Saat main ya benar-benar main dengan anak. Tidak mikir lagi kerjaan. Kerja yang kerja benar. Tidak usah pikirin anak," tukasnya.
 
"Sebab kalau pada suatu saat Anda bekerja dan mikirin anak pikiran bercabang. Anda tidak memberikan anak yang baik dan pekerjaan yang baik. Jadi percuma," lanjutnya.
 
Jadi dari sekarang biasakan untuk menyiapkan waktu khusus untuk anak di mana Anda sebagai orang tua terlibat seutuhnya. Dengan seperti itu, menurut Dokter Tjhin koneksi emosional yang merupakan komponen penting dalam proses perkembangan anak bisa terbagun dengan baik.
 
Alhasil, Anda bisa menjadi dekat. Dan Kedekatan dengan anak merupakan cara ideal untuk meningkatkan rasa aman, mandiri, dan rasa empati mereka.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif