Agar perjalanan menggunakan mobil pribadi menjadi lebih aman dan menyenangkan, berikut tipsnya. (Foto: Daniela Cuevas/Unsplash.com)
Agar perjalanan menggunakan mobil pribadi menjadi lebih aman dan menyenangkan, berikut tipsnya. (Foto: Daniela Cuevas/Unsplash.com)

Tips Berkendara Aman Saat Liburan Panjang

Rona tips & trik
Dhaifurrakhman Abas • 24 Desember 2018 09:00
Jakarta: Tinggal menghitung hari menjelang liburan panjang natal dan tahun baru. Saatnya untuk melancong ke luar kota, melepas penat setelah setahun bekerja.
 
Sayangnya duit yang ada di dompet sudah menipis drastis. Sebab, barang-barang yang ditawarkan pada momen Harbolnas tempo hari itu terlalu menggoda jika tak dibelanjakan.
 
Kalau sudah begini, hanya ada satu pilihan; Berjalan-jalan mengelilingi kota tempat tinggal menggunakan mobil pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Toh berkeliling kota menggunakan kendaraan pribadi tetap bisa menyenangkan, kok. Asalkan mobil yang dipakai berada pada kondisi prima, agar selalu aman dan nyaman ketika diajak berkendara.
 
"Kewaspadaan dan perhatian ekstra juga sangat diperlukan oleh pengemudi untuk mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan selama perjalanan," kata Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director General Motors Indonesia. 
 
(Baca juga: Tips Memilih Hotel yang Aman untuk Anak)
 
Nah, agar perjalanan menggunakan mobil pribadi menjadi lebih aman dan menyenangkan, General Motors Indonesia menghadirkan beberapa tips yang harus diperhatikan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda simak.
 
1. Rencanakan rute perjalanan Anda
Anda dapat menghindari rute-rute yang macet atau tidak bisa dilalui akibat tergenang air atau sebab-sebab lainnya. Dengan merencanakan rute perjalanan maka Anda juga akan menghindarkan diri dari tersesat di jalan. 
 
Manfaatkan fitur peta digital google atau waze melalui smart device yang Anda miliki untuk mengetahui arah lokasi dan mencapai tujuan dengan waktu tempuh yang optimal. Atau Anda dapat melihat tampilan peta digital melalui fitur kendaraan Anda.
 
2. Kenakan sabuk pengaman setiap saat 
Terlepas dari apakah Anda bepergian antar kota atau di dalam kota, menggunakan sabuk pengaman tentu penting. Selain berfungsi untuk melindungi diri dari dampak sekunder kecelakaan, juga bisa melindungi diri dari denda yang dikenakan oleh Polisi kepada pengguna jalan yang melanggar peraturan.
 
3. Gunakan kursi keselamatan anak (car seat)
Menempatkan anak di pangkuan atau memakaikan sabuk pengaman orang dewasa kepada anak-anak dapat membahayakan diri mereka. Anda wajib mediakan car seat yang sesuai buat anak di dalam mobil dalam upaya memproteksi buah hati.
 
4. Gunakan lampu kendaraan pada saat yang tepat
Selalu gunakan lampu sein ketika akan berbelok dan jangan menyalakan lampu sorot tinggi kecuali dalam keadaan darurat. Anda juga harus mengetahui fungsi lampu hazard yang hanya dapat digunakan pada kondisi darurat. 
 
"Hindari penggunaan yang bukan pada tempatnya, misal, menggunakan lampu besar pada saat hujan," ujar Yuniadi.
 
5. Pastikan Anda berkendara dalam kondisi fit
Miliki waktu istrirahat yang cukup atau tidur terlebih dahulu sebelum berkendara. Bila Anda melakukan perjalanan panjang, berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan lakukan senam ringan. 
 
Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), risiko kecelakaan dari berkendara saat mengantuk dinilai setara dengan risiko yang dihadapi pengendara saat mabuk akibat alkohol.
 
6. Waspadai cuaca
Mewaspadai kondisi cuaca ketika hendak berkendara termasuk yang paling penting dalam menjaga keselamatan perjalanan. Apalagi di bulan Desember ini potensi curah hujan semakin tinggi. 
 
Tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan hujan. Seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
 
"Bawa perlengkapan-perlengkapan  untuk kondisi darurat, seperti kotak P3K, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, senter, kunci-kunci atau tool kit lainnya sebagai tindakan antisipasi selama perjalanan," tandasnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif