Ada beberapa tips untuk membantu anak-anak menyesuaikan rutinitas tidurnya di situasi dan lingkungan yang baru. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa tips untuk membantu anak-anak menyesuaikan rutinitas tidurnya di situasi dan lingkungan yang baru. (Foto: Pexels.com)

Tips Menidurkan Anak Sesuai Jadwal Saat Traveling

Rona wisata tips & trik
Torie Natalova • 17 Juni 2019 14:11
Siapa yang tak suka traveling. Kegiatan berjalan-jalan bersama dengan kelurga ini memang menyenangkan tapi jangan lupa anak butuh penyesuaian rutinitasnya saat sedang traveling. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan pada si kecil adalah kemas barang kesukaan atau botol susu kesayangan si kecil yang sering membantunya tidur dalam tas yang mudah untuk diambil sewaktu-waktu. Jangan lupa pastikan untuk membawa benda yang dapat membantunya tidur, bantal, guling atau boneka kesayangannya.
 

 
Jakarta: Liburan, tak hanya menyenangkan bagi orang tua tetapi juga untuk anak-anak. Saat pergi liburan, terkadang anak-anak melewatkan kegiatan yang sudah dijadwalkan setiap hari, seperti waktu tidur yang berantakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zona waktu yang berbeda, tidur di tempat asing, menjelajahi tempat baru, merupakan beberapa hal yang membuat anak-anak sulit untuk tidur tepat waktu. Tanpa tidur yang cukup, energi dan antusiasme si kecil akan berubah menjadi rewel dan mudah marah.
 
Anak-anak usia empat hingga tujuh tahun membutuhkan waktu tidur setidaknya 9-13 jam untuk sepenuhnya istirahat dan mengembalikan energi yang sudah seharian terpakai. Ada beberapa tips untuk membantu anak-anak menyesuaikan rutinitas tidurnya di situasi dan lingkungan yang baru.
 
Tips Menidurkan Anak Sesuai Jadwal Saat Traveling
(Bawa mainan kesukaannya atau bantal dan guling favoritnya. Barang-barang yang dapat membantunya tidur. Foto: Pexels.com)

1. Bawa alat bantu tidur anak di tas

Jangan memasukkan alat bantu tidur anak Anda seperti boneka atau mainan favoritnya ke dalam bagasi. Kemas barang kesukaan atau botol susu kesayangan si kecil yang sering membantunya tidur dalam tas yang mudah untuk diambil sewaktu-waktu.

2. Berbicara tentang perjalanan nanti

Bagi orang dewasa, sudah terbiasa repot dengan urusan perjalanan liburan tapi tidak dengan anak-anak. Sekitar satu minggu sebelum berangkat, selalu bicarakan tentang apa saja yang mungkin dapat terjadi selama perjalanan ke tempat liburannya.
 
Jelaskan pula bagian yang dapat menyenangkan anak selama di perjalanan hingga mencari solusi untuk masalah yang mungkin dihadapinya. Ini akan membantu meredakan rasa cemasnya.

3. Membuat lokasi tidur yang baru aman

Jika anak Anda terbiasa tidur di boks bayi, saat menginap di hotel atau rumah saudara, usahakan untuk membuat lokasi tidur cukup aman dirasakan si kecil. Ini akan meredakan kecemasannya yang tidak terbiasa tidur selain di ranjangnya sendiri.

4. Pastikan membawa benda kesayangan si kecil

Setiap kali bepergian dengan si kecil, pastikan untuk membawa benda yang dapat membantunya tidur. Misalnya mainan yang membantunya tetap tenang dalam kondisi apapun, bantal favorit si kecil yang bisa membantu anak lebih nyaman karena bau bantal yang biasa mereka cium di rumah, atau barang seperti buku yang paling sering dibaca bersama ibu atau ayah sebelum tidur malam.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif