Manfaat Membaca Bersama Anak (Foto: gettyimages)
Manfaat Membaca Bersama Anak (Foto: gettyimages)

Manfaat Membaca Bersama Anak

Rona keluarga perkembangan anak
Dhaifurrakhman Abas • 25 Mei 2019 17:12
Jakarta: Orangtua yang secara teratur membaca buku bersama anak-anak mereka cenderung terlibat dalam pengasuhan yang baik. Membaca bersama juga membuat anak terhindar dari sikap hiperaktif.
 
Hal ini diungkapkan melalu sebuah Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics. Studi juga menunjukkan manfaat tambahan dari membaca bisa membuat ikatan orangtua dan anak yang lebih kuat.
 
"Bagi orang tua, rutinitas membaca bersama anak mereka tidak hanya memberikan manfaat akademis, tetapi emosional, yang dapat membantu kesuksesan anak Anda di sekolah dan di luar," kata ketua penelitian, Manuel Jimenez, peneliti dari Rutgers University di AS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi ini, tim peneliti mewawancarai lebih dari 2.000 ibu bersama anak mereka yang berumur satu sampai tiga tahun. Studi dilakukan di 20 kota besar Amerika Serikat.
 
Para ibu tersebut kemudian diwawancarai kembali dua tahun kemudian. Mereka ditanyakan seputar kegiatan membaca bersama anak-anak.
 
Hasilnya, para ibu yang suka membaca bersama anak sejak usia satu tahun merupakan pengasuh yang baik. Hasil studi juga mengungkap kebanyakan para ibu lebih suka mulai membaca bersama anak saat buah hati berusia tiga tahun.
 
Para ibu yang sering membaca dengan anak-anak mereka juga melaporkan bahwa anak cenderung tidak hiperaktif dan menganggu saat merasa tidak nyaman. Jimenez berasumsi, anak tidak hiperaktif karena pengasuhan ibu mereka baik serta enerfi anak sudah terdalurkan ke dalam kegiatan membaca.  
 
"Melalu temuan ini, kami harap, dapat diterapkan pada program yang membantu orang tua dan pengasuh yang tidak terlayani keterampilan mengasuh positif," ujar Jimenez.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif