Saat merawat anak, Anda sedang mengajarinya merawat orang lain. (Foto: Pexels.com)
Saat merawat anak, Anda sedang mengajarinya merawat orang lain. (Foto: Pexels.com)

Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Peduli Sesuai Usia

Rona perkembangan anak
Anda Nurlaila • 11 Juni 2019 08:04
Proses menanamkan sikap peduli anak pengasuhannya harus seimbang antara melindungi dan memperlihatkan kenyataan pada anak. Misalnya di usia 18 hingga 23 bulan, anak-anak mulai menyadari perasaan orang lain. Anak belum sampai merasakan empati, tapi mereka menyadari jika orang lain merasakan kesusahan. 
 

Jakarta: Setiap orang tua tentu ingin membesarkan anak dalam lingkungan terbaik. Kendati demikian kehidupan tidak selalu menyenangkan dan indah. Anak perlu mengetahui bahwa dalam kehidupan sebenarnya ada hal-hal menyedihkan. 
 
Wakil ketua Departemen Studi Anak dan Pengembangan Manusia Eliot-Pearson di Tufts University George Scarlett mengatakan, anak juga perlu belajar bahwa kehidupan tidak selalu menyenangkan. Ada anak lain yang harus tumbuh dalam kehidupan yang keras. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengasuhan harus seimbang antara melindungi dan memperlihatkan kenyataan pada anak. Diharapkan anak dapat tumbuh dengan sikap lebih peduli pada sesama. Kepada Parents, Scarlett memberi penjelasan mengenai proses menanamkan sikap peduli anak sesuai usia:

1. 0 hingga 18 bulan

Saat merawat anak, Anda sedang mengajarinya merawat orang lain. Orang tua yang memberi makan anak saat lapar dan memeluk saat anak takut menunjukkan pada anak respons yang seharusnya pada suatu kebutuhan. Inilah inti kepedulian dan filantropi.
 
Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Peduli Sesuai Usia
(Saat merawat anak, Anda sedang mengajarinya merawat orang lain. Foto: Pexels.com)

2. 18 hingga 23 bulan

Di usia sekitar 18 bulan, anak-anak mulai menyadari perasaan orang lain. Anak belum sampai merasakan empati, tapi mereka menyadari jika orang lain merasakan kesusahan. Contoh, anak menunjukkan kekhawatiran saat bayi menangis, atau memberikan Anda makanannya saat Anda mengatakan lapar. 
 
Beri umpan balik yang menggembirakan anak. Ucapkan terima kasih atas tawaran makanannya. Atau katakan pada anak bahwa dia khawatir mendengar bayi menangis. Tanyakan pada anak apa penyebab bayi menangis. 

3. 2 hingga 3 tahun

Keterampilan kognitif dan bahasa anak-anak berkembang lebih lanjut. Mereka mengenali kala orang sedih, bahagia, dan marah. Anak dapat membandingkan perasaan mereka dengan orang lain. Lewat permainan, anak dapat  mengenal kebutuhan orang lain. Misalnya, orang tua memerankan monster yang menyerang boneka kucingnya, dan anak akan menyelamatkannya. 
 
Permainan ini menunjukkan selain peduli pada yang membutuhkan bantuan, anak dapat memilah perilaku yang dapat membantu orang lain. Tanyakan pada anak bagaimana perasaannya saat membantu orang lain. 
 
Buku cerita bergambar dapat membuat konsep abstrak menjadi lebih konkret. Lewat karakter, alur cerita, Anda bisa menceritakan banyak hal pada anak, misalnya anak lain yang mengalami penyakit kanker. 

4. 4 hingga 6 tahun

Kepala staf psikiatri dan psikologi anak di Children's Hospital of Michigan Georgia Michalopoulou mengatakan di usia ini anak mampu membayangkan berada di situasi orang lain. "Seorang anak berusia lima tahun dapat merasakan bagaimana berada di rumah sakit tanpa mainan, hewan peliharaan, atau teman-temannya,"  kata Dr Michalopoulou. 
 
Pada saat ini anak dapat menghubungkan perasaan dengan tindakan. Misal, saat ada teman yang menjatuhkan makanannya, dia merasa memiliki makanan yang cukup sehingga mau berbagi makanannya. 

5. 7 hingga 10 tahun

Inisiatif: Anak-anak usia ini siap memilih bertindak dengan sedikit bantuan orang tua. Puaskan minat anak seperti memasak, membangun atau menggambar. Lalu tanyakan padanya bagaimana ia menggunakan keterampilannya untuk membantu orang lain.
 
Keterikatan emosional dengan tindakan nyata memicu efek yang lebih lama pada anak. "Anak mengerti bahwa hidup paling bermakna saat membantu orang lain," ungkap Scarlett.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif