Anda juga bisa menyimpan buah apel di dalam kantong plastik, namun pastikan untuk membuat beberapa lubang di dalamnya untuk mengeluarkan gas etilen. (Foto: Pexels.com)
Anda juga bisa menyimpan buah apel di dalam kantong plastik, namun pastikan untuk membuat beberapa lubang di dalamnya untuk mengeluarkan gas etilen. (Foto: Pexels.com)

Tips Menyimpan Buah Apel

Rona tips & trik
Raka Lestari • 12 Juni 2019 09:00
Buah apel kaya akan vitamin A dan C yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah cara penyimpanan. Cara menyimpan buah apel yang tepat dapat membuat buah apel yang Anda beli dapat bertahan lama. Hal ini sangat penting terutama jika Anda membelinya dalam jumlah banyak.
 

Jakarta: Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah kelembapan saat menyimpan apel. Itulah mengapa beberapa toko secara teratur menyiramkan air pada buah dan sayuran yang dijual.
 
Kelembapan ekstra dapat membuat buah dan sayuran tetap segar, sehingga dapat mengurangi jumlah makanan busuk yang harus dibuang. Udara yang lembap juga mencegah berkurangnya air, sehingga mencegah penyusutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apel merupakan salah satu buah-buahan yang memerlukan kondisi dengan kelembapan yang tinggi. Lingkungan penyimpanan yang ideal untuk buah apel memerlukan suhu yang berkisar antara 30-35 °F (atau -1 sampai 1,6 Celsius) dan kelembapan relatif 90 hingga 95 persen.
 
Jika Anda tidak memiliki ruangan yang lembap, Anda bisa memasukkan buah apel ke dalam lemari pendingin yang dibungkus dengan tisu basah.
 
Tips Menyimpan Buah Apel
(Buah apel kaya akan vitamin A dan C yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah cara penyimpanannya. Foto: Pexels.com)
 
Anda juga bisa menyimpan buah apel di dalam kantong plastik, namun pastikan untuk membuat beberapa lubang di dalamnya untuk mengeluarkan gas etilen yang dihasilkan apel saat matang.
 
Jika memungkinkan, Anda bisa menyimpan buah apel di bagian paling bawah lemari pendingin Anda karena bagian tersebut merupakan bagian dengan kelembapan paling tinggi dibandingkan seluruh area lainnya pada lemari pendingin.
 
Jangan lupa untuk tidak menyimpan buah apel bersamaan dengan produk lain yang sensitif terhadap gas etilen seperti stroberi karena gas yang dikeluarkan oleh apel akan menyebabkan produk lain membusuk lebih cepat. Jika Anda membeli buah apel dari supermarket, kemungkinan besar Anda membeli apel yang sudah beberapa lama.
 
Hal ini karena supermarket melakukan pengontrolan suhu yang ketat dan tingkat oksigen dan kelembapan yang sudah diatur sehingga apel akan tetap terasa segar meskipun berbulan-bulan atau bahkan satu tahun setelah panen. Itu sebabnya Anda masih bisa menikmati apel di pasaran meskipun saat itu bukan musim apel.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif