Ketika akan membawa anak ke IGD, ada beberapa yang perlu orang tua ketahui mengenai kondisi anak. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ketika akan membawa anak ke IGD, ada beberapa yang perlu orang tua ketahui mengenai kondisi anak. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Panduan bagi Orang Tua Saat Bawa Anak ke IGD

Rona keluarga
Anda Nurlaila • 16 Mei 2019 07:00
Orang tua perlu mengetahui kapan Anda harus membawa anak ke IGD seperti dari kasus seperti anak kesulitan bernapas dan membiru, ada kecelakaan mobil dan anak tidak sadar atau terluka parah, anak mengalami kejang, dan hal lain yang butuh penanganan segera. Jika anak ke IGD karena menelan obat atau produk rumah tangga tertentu, bawalah wadah apapun yang tertelan. Itu akan membantu para dokter memahami jenis perawatan apa yang dibutuhkan.
 

 
Jakarta: Ketika anak sakit atau terluka, wajar jika orang tua ingin langsung menuju Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dalam beberapa kasus, kondisi anak termasuk darurat medis dan memerlukan penanganan segera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi dalam kasus lain, penyakit atau cedera dapat ditangani di klinik perawatan reguler atau dokter anak. Orang tua perlu mengetahui kapan Anda harus membawa anak ke IGD. Berikut beberapa tandanya seperti dimuat Kidhealth:
 
- Anak kesulitan bernapas dan membiru
- Ada kecelakaan mobil dan anak tidak sadar atau terluka parah
- Anak mengalami kejang
- Anak kehilangan kesadaran atau tidak responsif
- Anak mungkin mengalami cedera leher atau tulang belakang
- Anak mengalami cedera kepala dengan kehilangan kesadaran, muntah yang berlangsung lama, atau tidak merespons secara normal
- Anak mengalami pendarahan yang tidak terkendali
- Anak mungkin keracunan dan tidak merespons dengan normal atau kesulitan bernapas
 
Panduan bagi Orang Tua Saat Bawa Anak ke IGD
(Orang tua perlu mengetahui kapan Anda harus membawa anak ke IGD seperti dari kasus seperti anak kesulitan bernapas dan membiru, ada kecelakaan mobil dan anak tidak sadar atau terluka parah. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Bersiap saat ke IGD

Ketika akan membawa anak ke IGD, ada beberapa yang perlu orang tua ketahui mengenai kondisi anak, termasuk:
- Kapan kondisi dimulai (cedera atau berapa hari anak sakit)
- Gejala penyakit atau cedera saat ini
- Perawatan dan obat-obatan yang sudah Anda coba

Kapan anak terakhir makan atau minum

Jika anak ke IGD karena menelan obat atau produk rumah tangga tertentu, bawalah wadah apapun yang tertelan. Itu akan membantu para dokter memahami jenis perawatan apa yang dibutuhkan. Jika anak menelan suatu benda, jika memungkinkan bawalah contoh benda itu.
 
Hal penting lain adalah mengetahui riwayat medis anak, alergi, penyakit masa lalu, cedera, operasi, riwayat imunisasi, atau kondisi kronis. Pertimbangkan untuk menuliskannya, sehingga berguna saat terjadi kondisi darurat.
 
Catatan tertulis di rumah akan memungkinkan siapa pun yang merawat anak Anda seperti pengasuh bayi atau kakek nenek saat anak dibawa ke IGD. Jika mungkin anak akan dirawat, bawa baju ganti dan sikat gigi untuk Anda dan anak Anda.

Apa yang diharapkan di IGD

Tidak ada cara untuk memprediksi berapa lama Anda harus menunggu untuk dilihat di UGD. Jika anak memiliki masalah medis parah, dokter akan memberi perawatan segera.
 
Segera setelah tiba, perawat akan bertanya tentang gejala, memeriksa tanda-tanda vital, dan membuat penilaian cepat. Evaluasi ini, juga disebut triase, akan memprioritaskan kebutuhan medis anak berdasarkan tingkat keparahan kondisinya.
 
Anda juga akan melalui proses pendaftaran, dan diminta untuk menandatangani persetujuan untuk formulir perawatan. Jika memiliki asuransi kesehatan, pastikan untuk membawanya.
 
Saat di IGD, sebaiknya tulis beberapa informasi penting, seperti nama dokter, penyakit atau cedera yang dikatakan dokter, obat atau perawatan apa pun yang mereka berikan kepada anak Anda, petunjuk tindak lanjut atau perawatan di rumah.
 
Jika anak dipulangkan, pastikan Anda memahami instruksi perawatan di rumah dan ajukan pertanyaan jika tidak.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif