Ahli etiket Mannersmith Etiquette Consulting Jodi Smith  mengatakan agar orang tua mengajarkan enam keterampilan penting dalam komunikasi digital. (Foto: Pexels.com)
Ahli etiket Mannersmith Etiquette Consulting Jodi Smith mengatakan agar orang tua mengajarkan enam keterampilan penting dalam komunikasi digital. (Foto: Pexels.com)

6 Tata Krama Digital yang Wajib Diajarkan kepada Anak

Rona keluarga tata krama digital
Anda Nurlaila • 11 Juli 2019 10:56
Ahli etiket Mannersmith Etiquette Consulting Jodi Smith dan blogger pengasuhan anak di Comomedy Katie Waite menyarankan Ajarkan zona komunikasi. Zona-zona tersebut termasuk publik, publik terbatas, dan pribadi. 
 

Jakarta: Generasi milenial sangat cepat memahami dan menggunakan teknologi. Tak mengherankan penggunaan internet, gadget seperti tablet dan ponsel cerdas akrab dengan keseharian mereka.
 
Tapi apakah mereka menggunakan internet secara aman dan bertanggung jawab? Kewajiban orang tua untuk memastikan anak tetap sopan dan terlindungi selama interaksi digital. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahli etiket Mannersmith Etiquette Consulting Jodi Smith dan blogger pengasuhan anak di Comomedy Katie Waite menyarankan agar orang tua mengajarkan enam keterampilan penting dalam komunikasi digital. 

1. Bagian dari kewajiban orang tua 

"Jangan mengira sekolah akan mengajari anak etiket digital," Smith memeringatkan. Meski ada bahasan mengenai internet, pada akhirnya orang tua yang harus lebih banyak memberi pengetahuan mengenai sopan santun digital pada anak. 

2. Jelaskan kelemahan komunikasi daring

Smith mengatakan penting untuk terus menerus mengingatkan anak bahwa pesan singkat yang ditujukan hanya pada satu atau dua orang dapat dengan mudah diteruskan atau dibuat menjadi tangkapan layar untuk dibagikan kepada siapa pun yang bahkan tidak dibayangkan. 
 
6 Tata Krama Digital yang Wajib Diajarkan kepada Anak
(Ahli etiket Mannersmith Etiquette Consulting Jodi Smith dan blogger pengasuhan anak di Comomedy Katie Waite menyarankan Ajarkan zona komunikasi. Zona-zona tersebut termasuk publik, publik terbatas, dan pribadi. Foto: Pexels.com)

3. Tunjukkan bahwa kontak pribadi lebih penting

Waite merekomendasikan untuk selalu memanggil orang lain dengan nama. "Ini adalah tanda hormat dan itu menunjukkan bahwa Anda memerhatikan," katanya.

4. Ajarkan bahwa menghapus tidak berarti menghilangkan

Menghapus konten dalam jaringan seperti unggahan, dinding medsos atau akun tidak berarti hal tersebut telah dihapus dari internet. Ingatkan anak-anak bahwa begitu sesuatu masuk dalam jaringan, akan selalu dapat ditemukan. Ajarkan untuk berpikir sebelum mengunggah atau mengirim sesuatu terutama ketika sedang emosional.

5. Ajarkan zona komunikasi

Zona-zona tersebut termasuk publik, publik terbatas, dan pribadi. Publik adalah sesuatu yang akan dikatakan pada siapa pun, dan Anda tidak keberatan jika diulang di depan sekolah atau di televisi. Publik terbatas adalah apa yang akan Anda bagikan dengan guru, teman, atau orang lain yang Anda percayai, yang tidak masalah jika diketahui kelompok terbatas. 
 
Pribadi adalah sesuatu yang hanya akan Anda katakan kepada keluarga dekat atau buku harian. Apa pun yang tidak ada di zona publik harus tetap dilakukan secara langsung.

6. Ingatkan mereka bahwa nada dapat salah dibaca secara daring 

Menanyakan kabar seseorang secara langsung dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan nada peduli, ceria atau terkejut. Namun nada suara dapat hilang jika dilakukan dalam jaringan lewat teks. Sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman. 
 
Waite percaya emoji dapat mengklarifikasi makna dan emosi, tetapi komunikasi tatap muka adalah yang terbaik untuk percakapan penting. "Jika Anda tidak ingin menerima informasi melalui teks, orang lain mungkin juga tidak akan," katanya mengingatkan.
 
Mengawasi komunikasi dalam jaringan anak akan membantu mengidentifikasi hal-hal yang butuh bimbingan orang tua. Selain itu dapat menghindari kesalahan daring yang menyebabkan masalah di masa kini maupun di masa depan. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif