Ini Alasan Banyak Pasangan Menunda Pernikahan

Sri Yanti Nainggolan 18 Februari 2018 13:44 WIB
survei
Ini Alasan Banyak Pasangan Menunda Pernikahan
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa banyak pasangan yang telah bertunangan menunda menikah karena alasan finansial.

Studi yang melibatkan 5.000 pasangan menikah di Amerika Serikat tersebut menunjukkan bahwa angka pasangan yang menunda rencana pernikahan meningkat, seiring dengan biaya pernikahan yang juga mengalami hal tersebut.

Survei tersebut memperlihatkan bagaimana lamaran telah berevolusi pada satu dekade terakhir, termasuk lonjakan jumlah pasangan yang mengaku bahwa menikah menimbulkan beban finansial yang signifikan.


Survei yang dilakukan oleh perusahaan penjual cincin pertunangan JamesAllen.com tersebut menyebutkan bahwa satu dari tiga pasangan yang telah bertunangan selama dua tahun mengaku menunda pernikahan karena alasan keuangan.

Meskipun mereka juga menghabiskan banyak uang untuk persiapan lamaran, seperti menyewa fotografer, sebanyak 30 persen dari partisipan tersebut cukup kewalahan untuk biaya pernikahan. Angka tersebut meningkat delapan persen dari sepuluh tahun yang lalu.

Terlepas dari keinginan untuk memamerkannya di dunia sosial atau kesulitan keuangan, telah terjadi pergeseran yang cukup besar dalam proses pelamaran dalam satu dekade.

Pasangan yang bertunangan saat ini cenderung melangsungkan pernikahan, resepsi, dan pesta lajang lebih sederhana dibandingkan pasangan di masa lalu. Selain itu, mereka juga 12 kali lebih merasakan masalah keuangan dalam mempersiapkan pernikahan.






(DEV)