Hindari menggunakan kain atau penutup apa pun di atas stroller. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Hindari menggunakan kain atau penutup apa pun di atas stroller. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Gunakan Stroller

Rona keluarga tips dan trik teknologi
Anda Nurlaila • 14 Mei 2019 16:55
Hindari menggunakan kain atau penutup apa pun di atas stroller. Ini dikarenakan suhu di dalam stroller yang ditutupi bisa lebih panas dari yang tidak ditutupi. Selain itu, hawa panas akibat stroller yang ditutup dengan kain bisa membuat bayi mengalami sirkulasi udara yang buruk bahkan bisa terjadi SIDS.
 

 
Jakarta: Pernah mencoba menghalangi sinar matahari dengan menutupi stroller dengan selimut atau kain? Ternyata, mencoba menjaga si kecil nyaman adalah kesalahan yang sering kali dilakukan orang tua saat menggunakan stroller.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut para peneliti di Swedia, meletakkan sesuatu di atas kereta dorong, bahkan selimut paling tipis sekalipun membuat kereta dorong panas. Sirkulasi udara berkurang dan bayi berisiko terkena sengatan panas.
 
Bahkan bayi dapat mengalami kematian mendadak (Sudden Infant Death Syndrome/SIDS) karena suhu tubuh mereka mencapai level bahaya.
 
"Suhu kereta bayi akan sangat panas, seperti di dalam termos," ungkap dokter anak di rumah sakit anak-anak Astrid Lindgren di Stockholm Svante Norgren.  
 
"Selain sirkulasi udara yang buruk, Anda akan sulit melihat bayi dengan penutup di atas kereta bayi," katanya seperti dimuat dalam Parents.
 
Jangan Lakukan Hal Ini Saat Gunakan Stroller
(Hindari menggunakan kain atau penutup apa pun di atas stroller. Hawa panas akibat stroller yang ditutup denga kain bisa membuat bayi mengalami sirkulasi udara yang buruk bahkan bisa terjadi SIDS. Foto: Ilustrasi. Pexels.com)
 
Dalam sebuah percobaan, kereta dorong tanpa penutup yang ditinggalkan dalam panas adalah 22 derajat Celcius. Tetapi setelah ditutupi kain tipis, suhunya mencapai 33.8 derajat Celcius dalam waktu 30 menit. Setelah satu jam, suhu meningkat hingga hampir 38 derajat Celcius.
 
Agar bisa menghalangi sinar matahari secara efektif sambil menjaga bayi tetap aman, dokter anak di Carolina Kids Pediatrics di Raleigh, North Carolina Christian Nechyba mengatakan sebaiknya pilih kereta bayi berwarna terang.
 
Sealin itu, perhatikan kenyamanan dalam kereta bayi. "Hindari bantalan berlebih yang mungkin membuat kulit mereka tidak bernapas secara normal," tambah Nechyba.
 
Kiat-kiat lainnya, termasuk memilih model dengan kanopi besar dan panel belakang yang bisa dilepas. Kereta juga bisa ditambahkan kipas kecil yang dapat dijepit di pegangan stroller. Orang tua mesti memeriksa bayi secara teratur untuk memeriksa apakah bayi kepanasan.
 
Beberapa tanda peringatan termasuk kehausan ekstrem, berkeringat, bayi terlihat lelah atau lemah, pernapasan cepat, dan pendek-pendek, serta kulit yang merah atau panas saat disentuh.
 
Jika curiga bayi kelelahan akibat panas, Nechyba mengatakan saatnya berteduh atau masuk ke dalam rumah. "Bawa mereka ke lingkungan ber-AC, dan berikan cairan," jelasnya. Jika gejalanya menetap, hubungi dokter.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif