Ketika bayi menangis, inilah saatnya untuk mengambil pendekatan baru untuk menenangkan tangisan itu.Ilustrasi/Pexels
Ketika bayi menangis, inilah saatnya untuk mengambil pendekatan baru untuk menenangkan tangisan itu.Ilustrasi/Pexels

Panduan Menenangkan Bayi yang Menangis

Rona bayi
Timi Trieska Dara • 13 November 2019 12:36
Jakarta: Kita tahu perasaan ketika bayi tidak berhenti menangis. Sudah mencoba berbagai cara, tetapi sepertinya tidak ada yang berhasil dan Anda sudah kehabisan akal. Ketika bayi menangis, inilah saatnya untuk mengambil pendekatan baru untuk menenangkan tangisan itu.
 
Seperti dilansir motherandbaby, berikut adalah panduan untuk menghentikan bayi menangis, terbagi menjadi beberapa kelompok usia:
 
Bayi baru lahir-3 Bulan:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tangisan batuk lapar
 
Setiap bayi akan memiliki tangisannya sendiri dan Anda akan terbiasa untuk memahaminya. "Sebagian besar bayi yang lapar memiliki suara 'wah wah' untuk tangisan mereka dan sering kali ada batuk," kata perawat bersalin Tinies Tess Rendell. "Kadang-kadang, dia bahkan akan berhenti menangis untuk batuk."
 
Abaikan jamnya
 
Seorang bayi yang menyusu setiap 3 jam terkadang ingin makan setelah hanya 1 atau 2. "Jangan berpikir," Dia tidak bisa lapar, hanya 1 jam ". "Ikuti saja," kata pakar bayi Sarah Ockwell-Smith.
 
Pada usia ini, kebutuhan pertamanya adalah makanan, jadi susuilah berdasarkan permintaan untuk membuatnya bahagia.
 
Periksa dia
 
Apakah dia terlalu panas atau dingin? Apakah ada sesuatu yang menggali terlalu kencang atau menggaruknya, seperti tali, ritsleting atau tombol?
 
Juga perhatikan sindrom tourniquet rambut, yaitu ketika rambut rontok (biasanya milik Anda) terlilit di jari tangan atau kaki bayi Anda. Meskipun tidak biasa, itu bisa menyakitkan dan menyebabkan jari bayi Anda tampak merah dan bengkak. Jika ini terjadi, bawa dia ke dokter.
 
Gunakan tanganmu
 
Jika bayi Anda menangis keras di sore dan malam hari dan menarik kakinya ke dadanya, itu bisa jadi sakit perut. Cobalah memijat perutnya searah jarum jam, dengan lembut membelai kaki dan tangannya, dan menelusuri lingkaran kecil di telapak tangannya dan telapak kakinya.
 
Coba solusi sendawa baru
 
Seorang bayi yang kembung akan bersungut-sungut, sehingga mudah masuk angin dengan mengistirahatkannya di atas perutnya.
 
Posisi bayi yoga "Harimau di pohon" dapat membantu. Gendong dia sepanjang lengan Anda dengan kepala di dekat lekukan siku Anda, dan kakinya menggantung di kedua sisi lengan Anda.
 
Bayi 3-12 Bulan:
 
Belajar memecahkan kode tangisan
 
Nyeri dan tangisan tidak nyaman punya pola yang berbeda. "Jika bayi Anda menabrak kepalanya, katakan, rasa sakitnya sangat, lalu menghilang. Tetapi, ketika dia masuk angin, rasa sakit datang dalam gelombang," kata Tess.
 
Tangisan bayi Anda akan meniru pola ini. Dia akan menjerit, lalu menangis dengan keras jika dia terluka, tetapi seorang anak yang masuk angin mungkin memiliki tangisan bergulir yang datang dan pergi dengan rasa sakit.
 
Dapatkan bola
 
Tetapkan bayi Anda dalam ayunan atau gendongan bayi, lalu dengan lembut naik turun di atas bola fitness atau melahirkan untuk menenangkan tangisannya. Gerakan naik dan turun akan mengingatkannya ketika dia bergoyang-goyang di perut Anda.
 
Trik mandi
 
Ingat adegan dalam film klasik Three Men and A Baby ketika Ted Danson mengajak bayinya mandi untuk menghentikan tangisannya? Tidak jauh dari sasaran itu.
 
"Kamar mandinya menyediakan suara putih berirama yang dapat membantu menenangkan bayi Anda," kata Sarah. "Kehangatan dan kedekatan saat Anda menggendongnya dari kulit ke kulit nyaman - pastikan Anda melindungi dia dari aliran air langsung."
 
Jadilah peniru
 
Cobalah menenangkan bayi Anda dengan volume yang mirip dengan tangisannya. "Ketika suara meraung dalam volume, ikuti petunjuknya," kata Tess.
 
Dengan meniru bayi Anda, ia akan merasa dimengerti, yang seharusnya membantu menenangkannya.
 
'Putihkan dunianya'
 
Gantungkan selembar kain putih di atas kap kereta bayi Anda - latar belakang polos akan menenangkannya jika ia terlalu terstimulasi dan perlu istirahat.
 
"Menggendongnya di atas bahu dan berdiri dengan punggung menghadap dinding putih memiliki efek yang sama," kata Rosie Harper, dari Worcester, yang menjadi ibu bagi Josh, bayi 5 bulan.
 
Gunakan ‘la pause’
 
Inilah yang disebut oleh ibu Prancis beberapa menit yang Anda tunggu sebelum pergi ke bayi Anda yang menangis di malam hari - jika Anda beruntung, dia akan tenang sendiri.
 
"Antara 4 dan 6 bulan, si kecil Anda dapat belajar menenangkan diri," kata Megan Faure, penulis The Babysense Secret. "Saat bayi Anda dalam kondisi tidur ringan, ia mungkin menangis. Itu bukan karena dia membutuhkanmu, tetapi karena dia waspada."
 
Lakukan tindakan menghilang
 
Pada sekitar 8-10 bulan, bayi cukup sering mengalami kecemasan perpisahan dan menangis ketika Anda meninggalkan ruangan. Dia perlu mengetahui Anda ada bahkan ketika dia tidak bisa melihat Anda.
 
"Bermain peek-a-boo (cilukba) membantu," kata Megan. "Bersembunyi di balik muslin (kain) kemudian keluarkan kepala Anda."
 
Bayi 12-18 Bulan:
 
Temukan lagu mobil Anda
 
Ketika dia tidak tidur nyenyak, bayi Anda mungkin tidak akan menjadi penggemar perjalanan jauh dengan mobil.
 
"Saya menyanyikan lagu favorit putri saya berulang kali. Itu melelahkan, tetapi tampaknya menghentikan tangisannya," kata Catherine Graham, dari Manchester, yang menjadi ibu Lola, bayi 1 tahun.
 
Usir mimpi buruk
 
Jika si kecil menjerit di malam hari, tetapi masih terlihat tertidur saat Anda mendatanginya, itu bisa jadi teror malam (mimpi buruk).
 
"Tangisan ini menyusahkan, tetapi bayi Anda tidak akan mengingatnya," kata Megan. "Mereka biasanya dikaitkan dengan stimulasi berlebihan dan kelelahan, jadi biarkan anak Anda tidur di siang hari."
 
Jaga emosi luar kendali
 
Bayi Anda akan sangat selaras dengan emosi Anda sekarang, ia akan merasakan ketegangan. "Jika kamu stres, dia akan menangis lebih keras," kata Tess.
 
Cobalah perhatikan di mana dan kapan Anda bertengkar dengan pasangan Anda - waktu tidur bayi Anda tidak ideal.
 
Buat Kotak Trik
 
Jika mainan anak Anda selalu keluar, mereka akan kehilangan sebagian sihirnya. Simpan beberapa harta karun itu kembali sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai selingan.
 
"Saya menyimpan satu tas mainan, sehingga ketika putra saya berada di ambang kehancuran, saya dapat mencabut satu mainan," kata Beth Gronig, 32, dari London, ibu dari Oscar, 20 bulan.
 
Terima perasaannya
 
Sekitar 18 bulan, anak Anda akan sering menangis karena frustrasi, karena kemampuan verbalnya tertinggal dari pemahamannya - ia tahu apa yang Anda katakan, tetapi tidak dapat menjelaskan apa yang diinginkannya.
 
Akui frustrasinya. Katakan, "Ibu mengerti bahwa kamu ingin dibelikan mainan." Kemudian berikan batasan, seperti, "Kamu dapat memilikinya ketika kita tiba di rumah."
 
Cara mengenali tanda-tanda bayi Anda benar-benar sakit
 
Membedakan serangan kolik yang buruk dari serangga yang sebenarnya tidak selalu mudah, tetapi inilah yang harus diwaspadai:
 
- Dengar
Ada perbedaan halus dalam suara tangisan bayi ketika dia sakit. Tangisan bernada tinggi, jeritan, keributan, dan mengi adalah tanda-tanda penyakit. Jika suhu tubuhnya naik, napasnya mungkin lebih cepat. Hubungi dokter.
 
- Lihat
Jika bayi Anda tidak sehat, ia mungkin juga memiliki gejala lain yang harus diwaspadai. Periksa popoknya - apakah diare atau jika dia belum menghasilkan yang basah baru-baru ini. Jika bayi Anda tampak tidak responsif, terkulai, lesu dan/atau mengalami ruam di tubuhnya, bawalah langsung ke rumah sakit.
 
- Sentuh
Rasakan dahi bayi Anda dengan punggung tangan Anda, karena lebih dingin daripada telapak tangan Anda. Kemudian bandingkan dengan dahi Anda sendiri, untuk melihat apakah ia demam. Jika menurut Anda dia demam, periksa kembali menggunakan termometer. Hubungi dokter Anda jika suhunya mencapai 38° C atau lebih.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif