Pola Asuh yang Salah Bisa Memicu Perilaku Anti Sosial pada Anak

Raka Lestari 15 Oktober 2018 11:08 WIB
tumbuh kembang anak
Pola Asuh yang Salah Bisa Memicu Perilaku Anti Sosial pada Anak
(Foto: Romper)
Jakarta: Cara orang tua mengasuh anak ternyata memiliki dampak yang cukup besar pada bagaimana mereka akan tumbuh di kemudian hari. Menurut penelitian terbaru, cara pengasuhan yang keras dapat membuat anak memiliki sifat antisosial dalam kehidupannya. 

Para peneliti di University of Pennsylvania, University of Michigan, dan Michigan State University meneliti sebanyak 227 pasang kembar identik atau 454 anak secara keseluruhan. Pada studi tersebut, peneliti bekerja dengan menganalisis perbedaan kecil dalam pengasuhan yang dialami setiap anak kembar tersebut. 

Dengan demikian, para ahli dapat menentukan apakah perbedaan ini memprediksi kemungkinan munculnya perilaku antisosial. Anak-anak yang berpartisipasi dalam penelitian ini berusia antara 6 hingga 11 tahun.


Hasilnya cukup menarik, menunjukkan bahwa bagaimana orangtua keras pada anak terkait dengan perbedaan agresi dan sifat tidak berperasaan pada anak-anak. Studi ini mencatat perbedaan dalam kehangatan yang diberikan orangtua berkaitan dalam sifat anak, yaitu bahwa pasangan anak kembar yang menerima pengasuhan orang tua yang bersifat lebih hangat memiliki tngkat Callous-unemotional (CU) atau sifat tidak berperasaan yang lebih rendah. 

"Pada awalnya, orang menganggap bahwa sifat tidak berperasaan pada anak diturunkan karena sifat genetik mereka. Namun, kami menganggap bahwa lingkungan pada anak-anak juga berpengaruh pada anak-anak dalam mengembangkan perilaku antisosial, salah satunya adalah cara pengasuhan orang tua," ujar Rebecca Waller, asisten profesor di Departemen Psikologi University of Pennsylvania seperti dikutip dari Science Daily.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id