Tips Melatih Kecerdasan Spasial Anak
Kenali kemampuan anak secara pribadi. Hal ini berarti bahwa setiap anak memiliki kecenderungan pribadi yang berbeda-beda. (Foto: Rachel/Unsplash.com)
Jakarta: Kecerdasan spasial atau kemampuan spasial adalah sebuah kemampuan khusus yang berkaitan dengan gambaran atau imaji visual yang ada di dalam otak kita.

Psikolog Evans Garey mengatakan bahwa keuntungan mengenalkan kemampuan spasial sejak dini tentu saja berdampak positif bukan hanya pada sisi emosi anak melainkan juga pada kemampuannya secara kognitif dan tingkah laku. 

Ia mengatakan, si kecil bukan hanya merasa lebih percaya diri, tapi juga memiliki pemahaman yang lebih baik secara visual dan diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terkait secara visual. 


Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu bagi si kecil melatih kemampuan visualisasi mereka.


(Psikolog Evans Garey mengatakan bahwa keuntungan mengenalkan kemampuan spasial sejak dini tentu saja berdampak positif bukan hanya pada sisi emosi anak melainkan juga pada kemampuannya secara kognitif dan tingkah laku. Foto: Ben White/Unsplash.com)

(Baca juga: Tips Tingkatkan Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun)

Tip Langkah-langkah Mengenalkan Kecerdasan Spasial

1. Kenali kemampuan anak secara pribadi. Hal ini berarti bahwa setiap anak memiliki kecenderungan pribadi yang berbeda-beda.

2. Jikalau si kecil memiliki kemampuan spasial yang luar biasa, maka mereka perlu mendapatkan pembelajaran yang khusus.

Jonathan Wai seorang psikolog dari Duke University menegaskan bahwa kebanyakan anak-anak dengan kemampuan spasial ini lebih menyukai bekerja dengan tangan mereka pada berbagai aktivitas.

3. Gunakan berbagai teknologi yang mungkin relevan dengan kemampuan spasial si kecil. Berbagai teknologi edukasional mungkin bermanfaat bagi anak.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id