Beberapa tips berikut barangkali akan membantu Anda kembali mengisi jabatan yang diinginkan di sebuah perusahaan yang Anda impikan. (Foto: Pexels.com)
Beberapa tips berikut barangkali akan membantu Anda kembali mengisi jabatan yang diinginkan di sebuah perusahaan yang Anda impikan. (Foto: Pexels.com)

Lima Tips Mencari Pekerjaan Setelah Cuti Panjang

Rona karier
Dhaifurrakhman Abas • 14 Mei 2019 13:50
Setelah cuti panjang, Anda bisa membantu Anda untuk berkarier kembali. Salah satunya dengan menganalisa kondisi Anda. Selain itu Anda juga bisa mengasah kemampuan dan jangan lupa membuka jaringan. Bertukar pendapat dan mendapat masukan tentang situasi terakhir dari industri di tempat kerja yang akan Anda lamar.
 

 
Jakarta: Banyak alasan mengapa seseorang memutuskan rehat dari pekerjaan yang sudah didapatkan. Entah itu karena alasan pernikahan, bepergian, dan lain sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski sudah jamak dilakukan, namun langkah tersebut ada faktor risikonya. Khususnya ketika Anda memutuskan untuk kembali berkarier. Harapan Anda diterima kerja mungkin bakal banyak rintangannya.
 
Tapi jangan khawatir. Beberapa tips berikut barangkali akan membantu Anda kembali mengisi jabatan yang diinginkan di sebuah perusahaan yang Anda impikan.

1. Analisis situasi Anda

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum mencoba melamar pekerjaan adalah membandingkan situasi diri Anda saat ini dengan yang sebelumnya.
 
Ambil misal, ketika itu Anda memutuskan rehat bekerja karena segera menikah dan memulai sebuah keluarga. Alih-alih memilih jenis pekerjaan yang sama dengan sebelumnya, lebih baik Anda memilih pekerjaan yang sedikit memakan waktu atau paruh waktu.
 
Meski mungkin Anda tidak dibayar dengan fulus yang melimpah, setidaknya, pekerjaan paruh waktu bisa membagi antara jadwal kantor dengan waktu bersama keluarga.

2. Asah kemampuan

Anda juga dituntut untuk mengasah kembali kemampuan Anda lebih dari yang sebelumnya bisa Anda lakukan. Sebab, bukan rahasia jika dinamika dunia kerja saat ini berkembang pesat dan sarat akan kebaruan.
 
Anda juga bisa mengasah kemampuan dengan mengikuti kursus jangka pendek atau menjalani kegiatan pekerja lepas. Ini akan membantu Anda memoles kembali keterampilan dan membuat Anda tetap aktif di tengah kesibukan pencarian kerja.
 
Lima Tips Mencari Pekerjaan Setelah Cuti Panjang
(Setelah cuti panjang, Anda bisa membantu Anda untuk berkarier kembali. Salah satunya dengan menganalisa kondisi Anda. Selain itu Anda juga bisa mengasah kemampuan dan jangan lupa membuka jaringan. Foto: Pexels.com)

3. Jaringan adalah kuncinya

Setelah Anda mendapatkan jenis pekerjaan apa yang diinginkan, mulailah berjejaring dengan teman dan mantan kolega Anda. Bicaralah dengan mereka dan tanyakan tentang apa yang terjadi di industri tempat Anda mencari pekerjaan saat ini.
 
Tanyakan kepada mereka tentang lowongan, budaya kerja, dan mintalah saran mereka tentang cara jitu dalam memulai kembali karier Anda. Jangan lupa, pastikan Anda memperbarui profil Anda di situs jaringan profesional dan portal pekerjaan.

4. Wawancara

Sangat mungkin bahwa pewawancara akan menanyakan alasan di balik waktu rehat panjang yang sebelumnya Anda lakukan. Lalu mereka juga akan menanyakan alasan mengapa Anda ingin kembali bekerja.
 
Berikanlah jawaban jujur bahwa alasan Anda mengambil waktu rehat saat itu ialah berdasarkan sebuah keputusan tepat. Kemudian terangkan pada pewawancara bahwa Anda memiliki merupakan seorang profesioal terampil yang dibutuhkan berusahaan tersebut.

5. Percaya diri

Anda mungkin bakal sedikit mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu lebih lama dalam mendapatkan pekerjaan. Namun hal paling penting yang dilakukan selama mencari pekerjaan adalah bersabar dan percaya diri.
 
Anda juga diharapkan jangan pernah menyesali waktu istirahat yang telah Anda lakukan sebelumnya. Yakinilahi Anda akan diterima selagi tetap profesional dan selalu mengasah keterampilan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif