Menjadi orang tua harus memberi contoh dan kebiasaan baik sejak dini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Jessica Rockowitz/Unsplash.com)
Menjadi orang tua harus memberi contoh dan kebiasaan baik sejak dini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Jessica Rockowitz/Unsplash.com)

Langkah Menghadapi Si kecil yang Susah Diatur

Rona keluarga
01 Januari 2019 11:44
Jakarta: Bagi orang tua mendidik anak tentu akan ada banyak sekali permasalahan yang muncul. Permasalahan yang paling sering muncul adalah anak yang sulit diatur. Lalu apa sih yang dapat menyebabkan anak Anda susah diatur?
 
Alasan yang pertama adalah karena anak tersebut mengalami permasalahan dalam beradaptasi dengan lingkungan atau orang yang cenderung anti sosial dan mau menang sendiri.
 
Yang kedua adalah karena alasannya memang termasuk anak yang banyak akal, sehingga akan melakukan banyak ide nakal kepada teman, orang tua, saudara, maupun orang lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari ParentMap, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan jika anak susah untuk diatur:
 
1. Contoh dari orang tua
Salah satu sebab anak yang susah diatur terkadang bisa berasal dari orang tuanya, sebab memang menjadi orang tua harus memberi contoh dan kebiasaan baik sejak dini. 
 
Misalnya, orang tua yang memang sibuk dan lelah sesampainya di rumah atau sering ada konflik Anda dengan suami atau istri sehingga emosi tersebut menular pada anak Anda. 
 
(Baca juga: Tips Menjadikan Si Kecil Anak yang Bahagia)
 
Langkah Menghadapi Si kecil yang Susah Diatur
(Berikan dukungan dan perhatian kepada anak Anda, dengarkan bila anak ingin menyampaikan sesuatu. Foto: Sebastian Leon Prado/Unsplash.com)
 
2. Sabar dan jaga emosi
Namun tak jarang pula ada kedua orang tua yang benar-benar baik dan menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin.
 
Tetapi tetap saja memiliki anak yang susah datur dalam hal ini bisa dilihat dari lingkungannya yang lain mungkin dari sekolahnya atau dari apa yang ditontonnya dan anak telah menyontoh dari hal tersebut. 
 
3. Pahami sebabnya
Sebelumnya untuk memberi penanganan yang tepat Anda wajib pahami sebabnya terlebih dahulu, misalnya anak tidak mau diatur karena memiliki keinginan pribadi.
 
Minta juga penjelasan keinginannya dan berikan pendapat balik mengenai keinginannya tersebut. Jika memang pendapat atau keinginannya lebih baik tak ada salahnya untuk membantunya, namun jika buruk, jelaskan dan beri contoh keburukan apa yang akan didapat.
 
4. Dukungan dan perhatian
Berikan dukungan dan perhatian kepada anak Anda, dengarkan bila anak ingin menyampaikan sesuatu.
 
Jelaskan bahwa orang tua adalah seseorang yang terbaik untuknya yang selalu bisa menerimanya dalam keadaan apapun. Dan anak bisa menyampaikan apa saja yang menjadi bebannya kepada orang tua.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif