Tahukah Anda jika salah mengangkat meletakkan sembarangan bisa menyebabkan si kecil terluka atau cedera. (Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)
Tahukah Anda jika salah mengangkat meletakkan sembarangan bisa menyebabkan si kecil terluka atau cedera. (Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)

Meletakkan dan Mengambil Bayi dari Berbagai Posisi

Rona keluarga tips & trik
24 Desember 2018 16:18
Jakarta: Melihat bayi yang menggemaskan dan lucu pasti ingin menggendongnya. Mulai dari mengangkat dan meletakkannya mungkin terdengar sepele. 
 
Tetapi tahukah Anda jika salah mengangkat meletakkan bisa menyebabkan si kecil terluka atau cedera. Dikarenakan otot dan tulangnya yang masih sangat rapuh, terutama pada bayi yang baru lahir.
 
Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam melakukannya. Dikutip dari Babycenter, berikut langkah-langkah mengangkat dan meletakkan bayi Anda dengan benar dari berbagai posisi:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam posisi telentang
 
Mengangkat bayi

1. Selipkan salah satu tangan Anda pada bawah punggung dan bokong bayi, lalu selipkan tangan Anda yang lain di bawah leher dan kepalanya pada arah yang berlawanan.
 
2. Angkat bayi secara perlahan, sehingga badannya tetap tersangga dan kepalanya tidak terkulai. Kemudian pindahkan kepala bayi secara hati-hati ke bagian dalam lekukan siku atau bahu Anda agar tetap tersangga.
 
Meletakkan bayi
1. Letakkan salah satu tangan Anda di bawah kepala dan lehernya. Lalu, peganglah si kecil tepat pada bagian bawah bokonganya dengan tangan Anda yang lain. Setelah itu, turunkan secara perlahan sampai seluruh tubuhnya menyentuh kasur atau alas tidurnya
 
2. Pindahkan tangan Anda dari bawah bokongnya, dan gunakan tangan ini untuk sedikit mengangkat kepalanya, sehingga dapat memindahkan tangan Anda yang lainnya, dan menurunkan kepalanya secara perlahan.
 
Jangan biarkan kepalanya terjatuh pada permukaan kasur atau alas tidurnya. Jangan pula menarik tangan Anda terlalu cepat, karena gerakan ini akan mengagetkan bayi.
 
Meletakkan dan Mengambil Bayi dari Berbagai Posisi
(Tahukah Anda jika salah mengangkat meletakkan bisa menyebabkan si kecil terluka atau cedera. Dikarenakan otot dan tulangnya yang masih sangat rapuh, terutama pada bayi yang baru lahir. Foto: Julie Johnson/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Alasan Ibu Cenderung Menggendong Bayi di Bagian Kiri Tubuh)
 
Dalam posisi tengkurap
 
Mengangkat bayi

1. Pada saat bayi berada dalam posisi tengkurap, selipkan salah satu tangan Anda di bawah dadanya, sehingga lengan bawah Anda menyangga dagunya pada saat Anda mengangkatnya. Sementara itu, selipkan tangan lainnya di bawah bokongnya
 
2. Angkatlah bayi dengan perlahan, lalu putarlah sehingga tubuhnya menghadap Anda. Pastikan kepala dan punggungya tersangga dengan baik pada lengan bawah Anda. Lalu letakan tangan Anda yang lain di bawah bokong dan kakinya.
 
Meletakkan bayi
1. Letakan salah satu tangan Anda di bawah kepala dan lehernya, lalu peganglah bagian bawah bokong dengan tangan Anda yang lain. Turunkan si kecil perlahan-lahan sampai seluruh tubuhnya menyentuh kasur atau alas tidurnya
 
2. Pindahkan tangan Anda dari bawah bokongnya, dan gunakan tangan untuk sedikit mengangkat kepalanya. Sehingga Anda dapat memindahkan tangan yang lainnya, dan menurunkan kepalanya secara perlahan.
 
Dalam posisi miring
 
Mengangkat bayi

1. Miringkan tubuh bayi Anda. Untuk mengangkatnya, selipkan salah satu tangan Anda di bawah leher dan kepalanya, sementara tangan yang lain berada di bawah bokongnya
 
2. Sanggalah leher dan kepalanya dengan baik, kemudian angkatlah secara perlahan. Dekatkan bayi ke tubuh Anda, lalu sangga kepalanya dengan lengan bawah. Setelah itu, pindahkan kepalanya ke bagian dalam lekukan siku Anda agar si kecil merasa aman.
 
Meletakkan bayi
1. Turunkan bayi Anda secara perlahan dengan kepala tersangga, sehingga aman dalam lekukan siku Anda. Setelah tubuhnya menyentuh kasur atau alas tidurnya, pindahkan tangan Anda dari bawah bokongnya.
 
2. Angkatlah kepalanya, sehingga Anda bisa memindahkan tangan Anda dari bawah kepalanya. Lalu, turunkan kepalanya perlahan-lahan. Lakukan secara hati-hati dan lembut.
 

 
Maria Fransiska
 



 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif