(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Lima Hal Sederhana Ini Bantu Anda Cepat Move On dari Trauma Masa Lalu

Rona romansa
Raka Lestari • 03 Juni 2018 13:20
Jakarta: Putus cinta, perceraian, dan kehilangan pekerjaan menjadi beberapa hal yang membuat seseorang terpuruk. Bahkan, sebagian besar orang butuh waktu bertahun-tahun untuk menyembuhkan hati.
 
Menurut terapis Julia Colangelo, LCSW, orang yang masih terbayang trauma masa lalu acap kali merasa takut dan pesimis dalam menjalani kehidupan di masa sekarang.
 
Namun, bukan berarti kita tidak akan pernah bisa move on. Meski butuh waktu, Anda bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut agar lebih mudah meraih kesembuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Baca situs atau buku humor
 
Pembicara di TEDx, Paul Osincup, menjelaskan bahwa dirinya menggunakan rasa humor sebagai teknik penyembuhan terhadap trauma masa lalu. Menurutnya, belajar menemukan humor dalam berbagai hal adalah sesuatu yang benar-benar dapat mengubah pola pikir Anda.
 
"Dengan mulai melakukan hal ini, Anda akan menyadari bahwa ketika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda, maka Anda akan berusaha untuk mencari sesuatu yang bisa ditertawakan daripada harus menggerutu."
 
2. Tarik napas
 
Menurut Colangelo, Anda harus lebih memperhatikan tubuh. Anda bisa melakukan teknik pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam kemudian menghembuskannya ketika Anda kehilangan fokus ketika melakukan apa yang sedang Anda kerjakan saat ini.
 
3. Berhenti menyalahkan diri sendiri
 
Introspeksi diri memang penting, tetapi berhenti menyalahkan diri Anda.
 
"Orang-orang memiliki kecenderungan destruktif ketika membicarakan apa yang seharusnya mereka lakukan di masa lalu agar tidak berada di posisi mereka yang sekarang," ujar Caleb Backe, pakar kesehatan dan kebugaran.
 
Jika penyesalan Anda mulai terasa mengganggu, cobalah untuk ikhlas dan mulailah untuk move on.
 
4. Berikan pujian terhadap diri sendiri
 
Jika Anda memulai hari Anda dengan memuji diri Anda sendiri dan mengatakan sesuatu yang berarti bagi Anda, Anda sedang memulai hari dengan lebih baik," katanya.
 
5. Jangan pernah membandingkan
 
Regan Walsh, NYU-certified executive dan seorang life coach mengatakan bahwa cara lain untuk membuat diri Anda tidak terbayang-bayang pada masa lalu adalah dengan tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda dalam kehidupan dan Anda tidak bisa menyamakan milik mereka dengan diri Anda.
 

 
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi