Ilustrasi putus cinta--Pexels
Ilustrasi putus cinta--Pexels

Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Putus Cinta

Rona psikologi
Raka Lestari • 23 Juli 2019 10:05
Berteman dengan mantan pacar di media sosial bukanlah jurus efektif untuk menghilangkan rasa sakit hati. Dan menurut studi orang-orang yang masih berteman di Facebook dengan mantan pasangannya memiliki perkembangan pribadi yang rendah, dibandingkan mereka yang tidak berteman dengan manta pasangannya.
 

Jakarta: Dalam hal putus cinta, mengirim pesan kepada mantan, masih berhubungan dengan mantan, atau melakukan balas dendam kepada mantan pasangan merupakan hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Menurut para ahli, cara ini selain tidak produktif untuk proses penyembuhan Anda dan sangat berbahaya bagi kesehatan mental Anda.
 
Dilansir dari elitedaily, sebagian orang memilih mengisolasi diri, karena bertemu dengan banyak orang selain hanya akan menambah kesedihan. Selain itu juga bisa menyebabkan rasa bersalah.
 
Namun menurut ahli, satu hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah putus dengan pasangan adalah dengan tetap berteman dengan mantan pasangan di media sosial.
 
Menurut Dr Gary Brown, seorang terapis pasangan terkemuka di Los Angeles, mengatakan mengalami putus cinta adalah pengalaman yang menyakitkan. "Dan masih berteman dengan mantan pasangan di media sosial hanya akan memperpanjang rasa sakit Anda," kata Dr Brown.
 
Bahkan ada penelitian untuk mendukung gagasan ini. Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior and Social Networking, menemukan bahwa stalking mantan pasangan merupakan hal yang sangat merugikan. Dan menurut studi tersebut, orang-orang yang masih berteman di Facebook dengan mantan pasangannya dilaporkan memiliki perkembangan pribadi yang rendah, dibandingkan mereka yang tidak berteman dengan manta pasangannya.
 
"Semakin sering Anda melihat mantan pasangan Anda, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk bisa melanjutkan hidup Anda kembali. Meskipun Anda mungkin akan merasa sedih ketika sudah tidak bisa melihat postingan mereka di media sosial, dengan memutuskan pertemanan dengan pasangan di media sosial dapat mengurangi rasa sakit Anda dalam jangka panjang," paparnya.
 
Mungkin tidak mudah untuk menghapus mantan Anda dari media sosial, tetapi pada akhirnya hal tersebut mungkin akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah. Menurut Dr Brown, aturan umumnya adalah setidaknya Anda memutuskan pertemanan dengan mantan pasangan setidaknya selama 90 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah waktu tersebut, kemungkinan Anda sudah merasa lebih baik dan dengan begitu, Anda mungkin merasa untuk berteman kembali dengan mantan pasangan karena Anda sudah memiliki perspektif yang lebih jelas tentang hubungan Anda selanjutnya.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif