Saat Anak Memasuki Usia Ini, Orang Tua Mulai Kehilangan Pengawasan

Sri Yanti Nainggolan 21 Agustus 2018 11:38 WIB
survei
Saat Anak Memasuki Usia Ini, Orang Tua Mulai Kehilangan Pengawasan
(Foto: Family Nurturing Center)
Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa orang tua mulai kehilangan kontrol si kecil saat mereka berusia 13 tahun. Seiring bertambahnya usia anak, orang tua mulai tidak terlalu memperhatikan apa yang anak makan, lakukan, dan siapa saja teman mereka.

Umumnya, hal tersebut terjadi ketika anak menginjak bangku sekolah menengah awal. 

Empat dari 10 orang tua mencemaskan apa yang anak mereka makan dan minum saat tak di dekat anak. Sementara, 43 persen responden sering menemukan bungkus makanan cepat saji dalam tas sekolah atau kamar tidur anak. 


Sebanyak 39 persen orang tua juga tak selalu tahu dengan siapa anak mereka nongkrong, dimana hal itu membuat pola makan anak semakin tak terkontrol. 

Hampir satu dari 10 dari responden bahkan merasa sudah 'melepaskan' anak sejak usia 10 tahun. 

Studi yang dilakukan oleh Wellten dari Vitabiotics tersebut menemukan bahwa 40 persen orang tua merasa anak mereka makan lebih banyak makanan cepat saji, cokelat, kue, dan keripik lebih banyak daripada saat mereka kecil. 

Lebih dari setengah responden bertengkar soal pola makan dengan anak, dimana orang tua ingin anak mereka makan lebih banyak sayur dan buah. 

"Dengan jumlah camilan yang lebih banyak sebagai pilihan, tak heran banyak orang tua berpikir anak mereka makan lebih banyak makanan cepat saji dibanding saat mereka kecil," ujar juru bicara dari vitamin Wellteen. 

Saat sudah sekolah, ia melanjutkan, anak memiliki kesempatan menikmati makanan dan minuman yang tak biasa atau tak boleh dimakan di rumah. 

Studi yang melibatkan 2.000 orang tua dengan anak remaja berusia 13-18 tahun tersebut menemukan, satu dari 10 orang tua kehilangan kontrol karena anak mereka mulai mandiri. 

Sebanyak 63 persen orang tua mencemaskan apakah kebutuhan asupan gizi anak mereka terpenuhi dengan satu dari 12 persen tak tahu seberapa banyak cokelat yang sudah anak mereka makan dan satu dari 10 tak tahu jumlah kerupuk yang anak mereka makan. 

Empat dari 10 orang tua merasa anak mereka telah mencicipi minuman keras dimana hal itu didukung pernyataan 44 persen remaja yang mengaku sudah merasakannya.

"Kemungkinan penyebabnya karena meniru orang tua mereka dan mencari kebebasan, selain karena adanya tekanan karena pendidikan dan sosial," tambah juru bicara. 

 



(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id