Simak beberapa cara meningkatkan konsentrasi anak berikut ini. (Foto: Ben White/Unplash.com)
Simak beberapa cara meningkatkan konsentrasi anak berikut ini. (Foto: Ben White/Unplash.com)

Tujuh Tips Meningkatkan Konsentrasi pada Anak

Rona perkembangan anak
14 Februari 2019 16:38
Jakarta: Pada saat anak mulai sekolah tentunya perlu untuk memahami cara meningkatkan konsentrasi anak yang tepat. Hal ini dimaksudkan supaya anak dapat lebih fokus saat memelajari berbagai macam hal di sekolah maupun di rumah. Sehingga anak dapat menyerap ilmu dengan maksimal.
 
Oleh karena itu sangat perlu cara mendidik yang susah fokus. Karena bisa jadi akar masalahnya adalah kurang konsentrasi. Untuk memberikan informasi yang tepat tentang hal ini, simak beberapa cara meningkatkan konsentrasi anak berikut ini, melansir dari Youngparents.
 
1. Nutrisi otak
Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi pada anak. Pastikan anak menerima jenis makanan yang mengandung protein tinggi untuk anak yang baik untuk pertumbuhan otak, sehingga daya pikir anak meningkat dan kemampuan otak anak juga makin baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian maka anak lebih konsentrasi dan dapat berpikir maksimal sehingga bisa fokus dalam memerhatikan segala sesuatu yang Anda kerjakan serta menerapkannya kembali.
 
2. Ajarkan disiplin
Supaya anak konsentrasi sebaiknya terapkan cara mengajarkan disiplin pada anak baik mengenai waktu maupun proses belajar yang tepat. Sehingga dengan demikian anak lebih terkontrol dan dapat membiasakan dirinya menepati waktu khusus yang disediakan untuk belajar.
 
Disiplin juga membantu anak memahami kapan saat untuk fokus dan kapan waktu untuk bersantai. Sehingga anak belajar memilah yang penting dan yang tidak.
 
3. Sediakan waktu khusus
Jika ingin konsentrasi anak meningkat sebaiknya sediakan waktu khusus untuk anak belajar fokus. Dengan demikian maka anak akan lebih paham yang dimaksud dengan konsentrasi pada hal tertentu dengan optimal.
 
Dampingi anak dalam melakukan hal tersebut sehingga anak dapat merasa lebih diperhatikan dan semangat untuk melakukannya. Jika anak agak lambat ajari dengan cara mengatasi anak yang lelet supaya lebih cepat tanggap.
 
Tujuh Tips Meningkatkan Konsentrasi pada Anak
(Supaya anak konsentrasi sebaiknya terapkan cara mengajarkan disiplin pada anak baik mengenai waktu maupun proses belajar yang tepat. Foto: Josh Applegate/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Buah dan Sayur Bantu Tingkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak)
 
4. Matikan TV
Salah satu cara meningkatkan konsentrasi anak yaitu dengan mematikan TV saat anak sedang belajar. Dengan demikian anak akan belajar dalam kondisi yang lebih kondusif. Selain itu efek positif dan negatif televisi bagi pertumbuhan anak termasuk dapat memecahkan konsentrasi anak yang sedang berpikir akan sesuatu.
 
5. Hindari game
Cara berikutnya dengan menghindarkan dampak negatif bermain game untuk anak dari anak untuk sesaat. Sehingga anak tidak berpikir untuk main terus dan mulai belajar konsentrasi pada pelajaran yang diajarkan.
 
Karena bahaya bermain game untuk anak tentu akan membuat anak malas melakukan sesuatu termasuk menjadi malas belajar dan konsentrasi. Karena itu pastikan anak main game secukupnya saja.
 
6. Fokus
Selanjutnya beritahu anak supaya belajar fokus dalam mengingat sesuatu. Hal ini memang bisa dilatih, namun juga perlu ditunjang dengan nutrisi untuk anak tumbuh lebih tinggi yang tepat.
 
Sehingga fungsi otak dan motorik anak dapat bekerja secara simultan dalam berusaha untuk fokus dan konsentrasi pada suatu hal. Dengan demikian maka anak dapat menyerap hal baru dengan lebih optimal.
 
7. Kenali bakat
Terakhir jangan lupa untuk cara jitu mengenali bakat anak. Karena lebih mudah bagi anak belajar fokus pada hal yang dikuasainya. Sehingga hal ini menambah semangat anak saat belajar. Dengan mengetahui bakat anak lebih dalam, kemampuan anak juga akan lebih terasah secara maksimal.
 
Itulah tadi beberapa cara meningkatkan konsentrasi anak yang paling tepat dan mudah diterapkan. Dengan demikian maka fokus anak akan lebih tertuju pada hal yang sedang dipelajarinya. Sehingga tumbuh kembang maupun prestasi anak tetap maksimal.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif