Andy F. Noya ingin membagikan sedikit perspektifnya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam berusaha. (Foto: Dok. Rommy Pujianto/MI)
Andy F. Noya ingin membagikan sedikit perspektifnya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam berusaha. (Foto: Dok. Rommy Pujianto/MI)

Tips Andy F. Noya Saat Mau Buka Usaha

Rona tips & trik
Kumara Anggita • 07 Juli 2020 18:53
Jakarta: Banyak orang ingin mulai buka usaha. Kendati demikian, terhambat karena tak tahu harus mulai dari mana. Bila hal ini terjadi pada Anda, Andy F. Noya ingin membagikan sedikit perspektifnya yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan Anda. 
 
Apakah berwirausaha adalah hal yang sungguh Anda inginkan? Saat membuka usaha, banyak orang tak punya modal, pengetahuan, atau bahkan ide. Bila Anda juga merasakannya, Andy mengajak Anda untuk berefleksi kembali melihat apakah berwirausaha memang adalah panggilan Anda.
 
Seberapa niat yang Anda punya? Dalam menjalankannya, pasti akan ada banyak rintangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki niat yang kuat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pertama niat dulu, apakah kita yakin bahwa ini bidang yang akan kita tekuni. Keyakinan dan niat,” ujar Andy F. Noya Webinar dengan tema Sociopreneurship: Berbagi pada Sesama. “Kalau kita cuma ‘aduh gue gak ada kerjaan, gue ngapain ya? Bisnis. Bisnis apa ya?’ Tak boleh seperti itu juga,” jelasnya. 
 
Apakah Anda memiliki tujuan khusus di balik membuka usaha ini? Selain itu, Anda juga perlu memiliki tujuan yang kuat. Karena tanpa tujuan, suatu usaha bisa berbelok ke mana-mana. Hal ini akan menghambat pada kesuksesan. 
 
“Tentu harus ada sedikit alasan sehingga kita melangkahnya tidak ngawur,” ujarnya. “Bergerak itu harus ada tujuan hidup,” lanjutnya. 
 
“Penting tekankan apakah Anda sungguh-sungguh ingin jadi pengusaha atau tidak. Pastikan Anda sudah ada minat atau bakat di sana. Atau Anda melihat satu situasi di daerah di mana kalau aku buat satu bisnis yang dibutuhkan masyarakat sekitar, nanti akan sukses. Jadi harus ada semacam research kecil kenapa Anda ingin jadi itu dan usaha apa yang ingin Anda jalankan,” paparnya. 
 
Apakah Anda mau perluas pengetahuan? Pengetahuan adalah hal penting lainnya yang diperlukan saat membuka usaha. Anda tak perlu mendapatkannya dari pendidikan normal. Asalkan ada niat, pengetahuan menurut Andy bisa didapatkan, apa lagi di era internet seperti sekarang. 
 
Andi menganjurkan memanfaatkan sosial media dan YouTube. Itu hal yang dia banyak lakukan akhir-akhir ini. “Tinggal mau cari atau tidak, mau belajar atau tidak,” ujarnya. “Belajar dan prosesnya harus dijalani,” pesannya.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif