Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

2 Alasan Ibu Perlu Memberikan ASI pada Bayinya

Rona tumbuh kembang bayi air susu ibu
Kumara Anggita • 03 September 2020 17:30
Jakarta: Pemberian Air Susu Ibu (ASI) adalah salah satu saran yang paling sering dianjurkan oleh dokter. Hal ini karena ASI memiliki peranan penting bagi bayi maupun sang ibu.
 
Konslor Laktasi dr. Sarah Audia Hasna, menjelaskan bahwa ada dua alasan utama mengapa pemberian ASI menjadi sangat penting. Antara lain:

1. Kaya akan nutrisi

ASI menurut dr. Sarah memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan mengonsumsi ASI, bayi bisa tumbuh dengan sehat.
 
“ASI adalah satu-satunya yang dibutuhkan dan yang paling utama untuk bayi selama enam bulan pertama kehidupannya," terang dr. Sarah dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting dengan Teman Serba Serbi ASI Booster.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ASI merupakan nutrisi yang paling ideal untuk menunjang kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

2. Kebutuhan dasar asah, asih, dan asuh

Proses bayi menyusui merupakan aktivitas dalam memenuhi kebutuhan dasar. Yaitu asah, asih asuh. Apa itu tiga kebutuhan dasar tersebut?
 
Asah adalah stimulasi emosional dalam berinteraksi. Sementara asih adalah bonding antara ibu dan bayi. Sedangkan asuh, melengkapi zat gizi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang.
 
Jadi, jangan ragu lagi untuk selalu memberikan ASI pada bayi. Setidaknya di enam bulan pertama. Sebab aktivitas ini baik untuk ibu maupun buah hati.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif