Cara kreatif dan menyenangkan menjembatani kendala komunikasi antar orang tua dan anak. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Cara kreatif dan menyenangkan menjembatani kendala komunikasi antar orang tua dan anak. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Menciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Si Kecil

Rona keluarga
Yatin Suleha • 02 Juli 2020 20:23
Jakarta: Cinta kasih kepada si kecil merupakan hal yang sangat penting. Dan peran ini dilakukan oleh kedua orang tua. Dalam studi yang dimuat oleh BMJ Open menunjukkan bahwa waktu anak bersama ayah bisa berefek pada perilaku si kecil. 
 
Studi tersebut memaparkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu menyenangkan bersama ayahnya ternyata 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk berperilaku buruk di usia 9-11 tahun.
 
Dan posisi ibu menurut psikolog klinis anak Roslina Verauli S.Psi., M.Psi, memiliki peran yang juga penting, yaitu sebagai pusat emosi atau emotion work yang mencakup di antaranya mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, memberi dukungan serta apresiasi. 

Komunikasi bersama anak

Psikolog Anak dan Pendidikan Dian Nirmala mengatakan, ketidakmampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan terbuka kepada satu sama lain menjadi tantangan terbesar bagi orang tua untuk menikmati momen menyenangkan dan berkualitas bersama anak. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski terkesan mudah dan sederhana, permasalahan komunikasi ini memiliki dampak yang besar serta memegang peranan penting pada tumbuh kembang anak. Selain itu, unsur budaya juga memberikan pengaruh yang signifikan pada pola komunikasi orang tua dan anak. 
 
Walau begitu tantangan tersebut bisa diatasi dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama, dengan menciptakan lingkungan yang nyaman dan cara-cara yang kreatif. 
 
Salah satunya dilakukan oleh Oreo, salah satu brand dari Mondelez Indonesia yang beraspirasi untuk menjadikan tiap momen jadi seru, menghadirkan kampanye #UngkapkanDenganOreo. 
 
Head of Biscuit PT Mondelez Indonesia Maggie Effendy dalam konferensi pers virtualnya mengatakan bahwa peluncuran varian terbaru Oreo Edisi Spesial Huruf, Rabu, 1 Juli 2020 lalu dengan kampanye tersebut mengatakan kampanye ini diharapkan bisa menjadi cara yang kreatif dan menyenangkan untuk menjembatani kendala komunikasi antar orang tua dan anak.
 
"(Tujuan utamanya adalah untuk) mempererat ikatan keluarga sehingga membuat setiap momen bersama menjadi lebih seru,” jelas Maggie. Semakin baik dan efektif komunikasi yang terjalin maka akan membuat hubungan orang tua dan anak terasa menyenangkan dan penuh kehangatan. 
 
Menurut Dian kampanye ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mendorong orang tua maupun anak saling mengungkapkan perasaan.
 
“Cara yang menyenangkan seperti melakukan permainan bersama maupun bercerita dengan Oreo edisi spesial huruf akan membuat anak lebih mengingat momen, mengasah minat, membangkitkan imajinasi, mengasah kemampuan berpikir dan keterampilan berpendapat,” pungkas Dian.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif