Kecemasan adalah respons alami terhadap stres. Tetapi bukan berarti kecemasan itu selalu berdampak positif. (Foto: Public Domain)
Kecemasan adalah respons alami terhadap stres. Tetapi bukan berarti kecemasan itu selalu berdampak positif. (Foto: Public Domain)

4 Cara Alami Mengatasi Kecemasan

Rona psikologi
Raka Lestari • 08 Juli 2019 15:02
Ketika kecemasan melanda, penting sekali untuk berbicara dengan dokter Anda. Selain itu, Anda perlu juga terapi serta kegiatan yang alami demi bisa meredakan emosi.
 
 
Jakarta: Kecemasan adalah respons alami terhadap stres. Tetapi bukan berarti kecemasan itu selalu berdampak positif. Sebab, kecemasan yang berlebihan justru bisa menurunkan kualitas hidup Anda.
 
Sebagai contoh pada tingkat kecemasan yang ekstrem. Penting sekali untuk berbicara dengan dokter Anda untuk membicarakan rencana pengobatan dan pilihan. Seperti terapi atau obat-obatan untuk membantu kondisi tersebut.
 
Namun jika Anda menghadapi tingkat kecemasan yang masih pada tingkat ringan, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Meditasi

"Meditasi dan yoga mengaktifkan respons relaksasi tubuh dan menyangga area otak yang terkait dengan regulasi emosi yang dapat membantu mengurangi perasaan cemas," jelas Dr Barbara Nosal, Chief Clinical Officer di Newport Academy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Jessica Gold, M.D., MS, asisten profesor psikiatri di Universitas Washington juga percaya bahwa, meditasi dapat membantu memengaruhi kecemasan pada tingkat neurologis.
 
"Meditasi dapat memengaruhi jaringan di otak Anda dan secara fungsional sehingga memungkinkan Anda untuk memiliki lebih sedikit kecemasan," terang Jessica.

2. Berolahraga

"Latihan fisik, ketika digunakan dengan cara yang sehat, dapat membantu memerangi kecemasan," kata Dr Nosal.
 
Penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas fisik meningkatkan kesehatan mental dengan memproduksi hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Terutama berlaku untuk depresi tetapi dapat juga memengaruhi gejala kecemasan. Berolahraga juga dapat membantu meningkatkan tidur, yang sangat penting untuk mendukung kesehatan mental.

3. Menghabiskan waktu di alam

Menurut penelitian dari Stanford University pada 2015, jalan kaki selama 90 menit mampu meningkatkan kesehatan mental untuk sementara waktu. Ada juga banyak penelitian yang menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan suasana hati.
 
4 Cara Alami Mengatasi Kecemasan
 
"Pergi jalan-jalan, berjalan kaki, berenang, dan lainnya dapat membantu menjernihkan dan menenangkan pikiran, mengurangi perasaan dan pikiran cemas," kata Dr Nosal.

Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan seni

Dr Nosal menjelaskan bahwa seni dan ekspresi kreatif dapat menjadi cara yang konstruktif untuk meningkatkan suasana hati Anda. Ekspresi kreatif melalui seni visual, penulisan, musik, dan gerakan adalah cara tambahan untuk secara alami membantu memerangi kecemasan.
 
Jika Anda tidak memiliki bakat khusus dalam bidang seni, jangan khawatir. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekadar mewarnai dalam pola geometris dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan.
 
Mengajarkan Anak Cara Menangani Kekecewaan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif