Ada beberapa persiapan pernikahan yang perlu diketahui. Simak informasinya. (Foto: Dok. Medcom.id/Anda Nurlaila)
Ada beberapa persiapan pernikahan yang perlu diketahui. Simak informasinya. (Foto: Dok. Medcom.id/Anda Nurlaila)

4 Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin

Rona keluarga
Anda Nurlaila • 02 Juli 2019 10:00
Selvy Muliawati Pengajar Sekolah Ibu dari Dewan Pengurus PKK Kota Bogor mengatakan calon suami istri yang mempersiapkan diri sebelum pernikahan, akan berdampak positif pada keluarga yang akan dibentuk. Dengan begitu fungsi keluarga berjalan baik dan adaptasi terhadap lingkungan sekitar lebih mudah.   
 

Bogor: Pernikahan merupakan ikatan di antara pria dan wanita untuk membentuk keluarga bahagia. Untuk itu, diperlukan berbagai persiapan sebelum memasuki rumah tangga, terutama bagi kedua calon pengantin. 
 
Calon suami istri yang mempersiapkan diri sebelum pernikahan, akan berdampak positif pada keluarga yang akan dibentuk. Antara lain pasangan lebih mudah beradaptasi, lebih tahan menghadapi tantangan. Fungsi keluarga berjalan baik dan adaptasi terhadap lingkungan sekitar lebih mudah.    

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya, tanpa persiapan rumah tangga lebih gampang goyah. "Tanpa persiapan dari calon suami maupun istri, pernikahan akan rentan mengalami kurang bahagia, tinggi konflik, rendah persiapan finansial, emosi dan stres tinggi, sulit beradaptasi dengan perubahan serta rentan terjadi perceraian," ungkap Pengajar Sekolah Ibu dari Dewan Pengurus PKK Kota Bogor Selvy Muliawati, di Bogor. 
 
Ada beberapa persiapan pernikahan yang perlu diketahui bagi calon pasangan suami istri. 
 
4 Persiapan Pernikahan Wajib Calon Pengantin
(Pengajar Sekolah Ibu dari Dewan Pengurus PKK Kota Bogor Selvy Muliawati. Foto: Dok. Medcom.id/Anda Nurlaila)

1. Persiapan moral spritual

Persiapan yang mencakup kesiapan kedua calon untuk menjalankan pernikahan sesuai agama yang dianut. Selvy menjelaskan dalam agama Islam misalnya, tujuan pernikahan memberi rasa tentram dan menciptakan kasih sayang dalam keluarga. 
 
"Calon suami dan istri yang menjadikan nilai-nilai agama sebagai panutan dalam berkeluarga lebih siap dan kuat sehingga tidak mudah goyah jika ada masalah dan tantangan selama pernikahan," katanya. 

2. Persiapan konsepsional 

Meliputi pengetahuan calon suami dan istri mengenai bentuk dan hak kewajiban masing-masing saat berumahtangga. Misal, kata Selvy, suami sebagai kepala keluarga memberi keteladanan sementara istri sebagai manajer dan menjalankan keluarga. 
 
"Peran suami dan istri sama-sama penting. Tidak ada yang lebih tinggi daripada yang lain. Suami-istri berkomitmen membentuk keluarga lebih kuat dan tangguh." 

3. Persiapan fisik

Calon suami maupun istri mampu melaksanakan fungsi sebagai suami dan istri dengan baik, termasuk salah satu fungsi utama keluarga untuk menghasilkan keturunan berkualitas. Usia yang terlalu muda akan memengaruhi kesiapan calon istri maupun suami termasuk juga psikologis yang labil dapat memengaruhi keutuhan keluarga.  

4. Persiapan materi

Merupakan kesiapan suami memberi nafkah untuk istri dan anak-anak, serta kemampuan istri untuk mengelola keuangan keluarga. 
 
"Intinya bukan pada jumlah penghasilan keluarga tetapi bagaimana cara mensyukuri dan mengelola pendapatan untuk kesejahteraan keluarga," ungkap Selvy. Ia menambahkan pada banyak kasus perceraian, motif ekonomi sering kali menjadi pemicu keretakan rumah tangga.
 
Hal penting lainnya yang perlu diketahui calon suami dan istri adalah bagaimana saling berkomunikasi secara efektif. Dalam sebuah survei ditemukan 70 persen rumah tangga gagal karena masalah komunikasi. "Komunikasi efektif dengan pasangan adalah kunci utama menjalani rumah tangga." 
 
Selvy menjelaskan, semua persiapan sebelum pernikahan membuat suami istri lebih siap mengarungi rumah tangga. Dan tujuan keluarga harmonis lebih mudah tercapai. "Anggota keluarga merasa aman, bahagia, dan sejahtera. Visi keluarga tercapai dan menjadi keluarga tangguh. Pada akhirnya akan menunjang ketahanan nasional." 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif