Ilustrasi penuaan--Foto:Getty Images.
Ilustrasi penuaan--Foto:Getty Images.

Makanan dan Minuman Anti-penuaan

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 19 Juni 2019 13:55
Ada berbagai macam strategi untuk memperlambat proses penuaan. Salah satunya dengan mengkomsumsi buah-buahan.
 
Jakarta:
Penuaan adalah fenomena alam yang tidak bisa dihindari. Faktor sosial, kebiasaan, dan pilihan gaya hidup merupakan beberapa faktor yang dapat mempercepat atau mengurangi tanda-tanda penuaan.
 
Tubuh Anda tentu tidak bisa menghentikan proses penuaan. Meski begitu, Anda bisa memperlambatnya dengan memasukkan beberapa jenis makanan ini ke dalam menu harian Anda. Berikut adalah daftar makanan anti-penuaan yang dapat membantu Anda tetap awet muda, seperti lansir dari Times of India

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Kunyit
 
Kunyit merupakan rempah-rempah yang sudah dipakai sebagai produk kecantikan sejak dulu. Sebabnya, kunyit memiliki sifat anti-penuaan dan pencerah kulit.
 
Selain itu, kunyit terkenal karena merupakan makanan yang bisa melawan radikal bebas dan memperlambat kerusakan oksidatif. Alhasil, kunyit merupakan salah satu makanan ampuh untuk mengurangi tanda-tanda penuaan.
 
2. Yogurt
 
Yogurt merupakan salah satu sumber protein terbaik di bumi. Apalagi produk fermentasi ini memiliki jumlah kalori yang minim dan mengandung bakteri yang dapat membantu melancarkan pencernaan.
 
Yogurt juga mengandung fosfor, riboflavin, Vitamin B12, dan kalsium. Kandungan tersebut berfungsi untuk menghaluskan kerutan dan garis-garis halus di wajah Anda.
 
3. Anggur merah
 
Anggur merah secara medis sangat bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebabnya, anggur merah mengandung flavonoid, resveratrol, dan tannin. Kandungang tersebut merupakan antioksidan yang sangat baik untuk membantu meremajakan sel-sel kulit dan memperlambat proses penuaan.
 
4. Tomat
 
Tomat merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan Lycopene. Ini merupakan jenis pigmen yang berfungsu mengurangi keriput dan garis-garis halus pada wajah. Lycopene juga berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
 
5. Ikan salmon
 
Salmon terkenal karena bisa pembangkit tenaga asam lemak esensial dan antioksidan. Salmon juga digemari karena mengandung nutrisi yang kaya akan sifat anti-penuaan. Sebabnya, Nutrisi dalam salmon membantu dalam meningkatkan kualitas kolagen kulit, dan mengurangi garis-garis halus, sehingga membuat kulit Anda terlihat muda, sehat dan terhidrasi.
 
6. Teh hijau
 
Seperti halnya sayuran, teh hijau mengandung antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan kulit. Ini membantu mengurangi keriput pada kulit Anda juga. Selain dikonsumsi melalui mulut, Anda juga bisa mengoleskan kantong teh hijau pada kulit dalam mencegah proses penuaan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif