Senyuman Pertama Bayi
"Senyuman bayi terjadi sejak awal kehidupannya. Bahkan sejak dalam kandungan," kata Gettleman, seorang dokter anak. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)
Jakarta: Menengok bayi tersenyum untuk pertama kali tentu merupakan momen berharga bagi orang tua. Lebih lagi, frekuensi aktivitas bayi lebih sering terlelap atau menangis.

Namun, tahukah Anda, senyuman bayi pertama kali terjadi bukan saat dia dilahirkan. Menurut Dokter anak, Mark Gettleman, M.D., senyuman bayi terjadi saat ia masih berada dalam kandungan.

"Senyuman bayi terjadi sejak awal kehidupannya. Bahkan sejak dalam kandungan," kata Gettleman, seperti dikutip Parents.


Gettleman bilang, senyuman bayi pertama kali terjadi bukan karena menanggapi respons tertentu. Melainkan terjadi karena tidak disengaja, semacam gerakan reflek pada sentakan kaki atau lengan.


("Senyuman bayi terjadi sejak awal kehidupannya. Bahkan sejak dalam kandungan," kata Gettleman, seperti dikutip Parents. Foto: Brytny.com/Unsplash.com)

(Baca juga: Arti Senyum Bayi)

"Bayi Anda memproses pengujian fungsi alat tubuh," ujarnya.

Bayi baru bisa memamerkan senyum "nyata" sekitar enam minggu setelah dilahirkan. Sementara tawa bayi mulai bisa Anda dengar ketika si kecil berusia tiga setengah bulan.

Senyum "nyata" pertama bayi memiliki banyak arti tentang masa perkembangannya. Ini pertanda penglihatannya telah membaik, pula tanda bahwa bayi sudah mampu mengenali wajah orang lain.

"Otak dan sistem sarafnya sudah cukup matang untuk menghilangkan senyum refleks, dan dia sekarang sadar bahwa tersenyum adalah cara baginya untuk terhubung dengan orang lain," tandasnya.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id