Bayi yang baru lahir barangkali tak menyadari keberadaan orang tuanya karena keterbatasan visual. Nah, bagaimana cara ia menyatakan rasa cintanya pada Anda? Simak informasinya. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)
Bayi yang baru lahir barangkali tak menyadari keberadaan orang tuanya karena keterbatasan visual. Nah, bagaimana cara ia menyatakan rasa cintanya pada Anda? Simak informasinya. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

Cara Bayi Mencintai Orang Tuanya

Rona keluarga
Dhaifurrakhman Abas • 10 Desember 2018 16:32
Jakarta: Rasanya seorang ibu pasti akan berusaha memberikan yang terbaik buat bayinya. Meskipun si kecil tak mengucapkan rasa berterimakasih, ya tentu saja, Anda tetap akan menyayangiya.

Namun apakah bayi juga mencintai orang tuanya? Menurut ahli bidan, Laura Riley, MD, meski belum bisa berkomunikasi, namun bayi sudah menaruh rasa cinta, khususnya pada ibunya. Rasa cinta terbentuk bahkan sebelum bayi dilahirkan.

"Itu karena bayi sudah mendengar suara ibunya beberapa minggu sebelum dia dilahirkan. Ia mendengar dari dalam rahim," kata Riley, seperti dikutip Parents.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Bayi yang baru lahir barangkali tak menyadari keberadaan orang tuanya karena keterbatasan visual. Namun ketika bayi mendengar suara ibunya untuk pertama kalinya, dia pasti akan berusaha membuka mata ataupun menggapai si pemilik suara. "Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa Anda adalah yang terspesial, bayi akan berpaling jika mendengar suara selain ibunya,"ujarnya.

(Baca juga: Mengapa Anda Merasa Marah pada Bayi Sendiri?)


(Menurut ahli bidan, Laura Riley, MD, meski belum bisa berkomunikasi, namun bayi sudah menaruh rasa cinta, khususnya pada ibunya. Rasa cinta terbentuk bahkan sebelum bayi dilahirkan. Foto: Zach Lucero/Unsplash.com)

Selain itu bayi akan lebih nyaman ketika yang memberikannya makanan adalah ibunya. Entah itu dengan cara memberikan ASI maupun melalui botol berisi susu formula.

"Anda secara magis membuatnya merasa baik. Dengan segala perkataan yang Anda sebutkan bahwa Anda akan menjaganya dan akan memenuhi kebutuhannya," ungkapnya.

Elaine Zwelling, seorang edukator dari University of South Florida menambahkan, kepercayaan yang tertanam oleh bayi sejak kecil itu berdampak pada tingkat kepatuhan bayi. Ia akan lebih cepat berhenti menangis ketika dibujuk oleh ibunya.  

"Biarkan bayi tahu kebutuhannya akan terpenuhi. Itu akan membuat bayi akan lebih jarang menangis," lanjut dia.

Zwelling juga bilang bahwa rasa cinta bayi terlihat ketika sedang makan. Bayi akan selalu melihat ke arah kedua orang tuanya untuk menghibur hatinya ketimbang makanan yang berada lebih dekat dengan jarak pandang matanya.

"Bidang pandang bayi adalah 10 hingga 12 inci. Dan Anda adalah daya pikat utama bayi," pungkasnya.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi