Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia karena tingkahnya yang terkadang menggemaskan. (Ilustrasi/Pexels)
Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia karena tingkahnya yang terkadang menggemaskan. (Ilustrasi/Pexels)

5 Fakta Mengenai Kucing yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Rona hewan peliharaan
Raka Lestari • 14 Agustus 2020 09:17
Jakarta: Entah Anda mempunyai kucing atau tidak di rumah, mungkin ada beberapa hal yang belum Anda ketahui mengenai kucing. Dan memang, kucing merupakan salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia karena tingkahnya yang terkadang menggemaskan.
 
Seperti dilansir Insider, berikut fakta-fakta mengenai kucing yang mungkin tidak Anda ketahui:

Apakah kucing tertarik pada orang-orang yang alergi terhadap mereka?

“Berkebalikan dari yang dianggap oleh orang kebanyakan, kucing tidak dapat mengetahui orang-orang yang alergi terhadap mereka,” ujar Gary Ritcher, seorang dokter hewan. 
 
Ia menjelalskan bahwa jika kucing memberikan perhatian lebih kepada seseorang yang alergi kucing, itu karena kucing sedang memberikan respon kepada seseorang yang alergi kucing tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Orang yang alergi terhadap kucing cenderung menjauhi kucing, sehingga mengurangi ketakutan kucing terhadap orang yang tidak dikenalnya. Dan dengan begitu, kucing cenderung akan mendekati manusia terlebih dahulu,” kata Ritcher.

Apakah kucing bisa mendeteksi seseorang yang sedang hamil?

Beberapa mitos menyebutkan bahwa kucing bisa mengetahui apakah seseorang sedang hamil. Akan tetapi, kucing tidak bisa melakukan hal itu. Menurut Ritcher, kucing hanya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membaui seseorang dan membaca bahasa tubuh.
 
“Selama masa kehamilan, wanita cenderung mengalami perubahan level hormon yang dapat berdampak pada bau tubuh seseorang. Dan kucing dapat mengetahui adanya perubahan pada seseorang dengan mencium bau tubuh seseorang,” kata Ritcher.

Apakah kucing jantan lebih bersahabat dibanding kucing betina?

Meskipun kucing jantan dianggap lebih ramah, tetapi menurut dokter hewan Megan Teiber mengatakan bahwa tidak ada perbedaan kepribadian yang signifikan diantara keduanya. “Banyak orang berpikir bahwa kucing jantang lebih penyayang daripada kucing betina. Namun menurut saya itu sesederhana karena perbedaan individu dan tidak ada perbedaan diantara keduanya,” kata Teiber.

Bolehkah hanya memberi makanan kering pada kucing?

“Beberapa kucing mungkin bisa mengonsumsi makanan kering saja. Akan tetapi, makanan kucing yang basah secara umum tinggi protein dan lebih lembap dibandingkan makanan kering, yang cenderung lebih memenuhi kebutuhan nutrisi kucing,” ujar Jennifer Coates, seorang dokter hewan sekaligus penasihat di Pet Life Today. 
 
Jaimee Alsing, nutrisionis khusus hewan juga menambahkan bahwa dengan memberi makanan basah kepada kucing dapat menghindari dari dehidrasi. “Dehidrasi kronis dapat menyebabkan gigi berlubang, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih. Ada banyak masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan menambahkan makanan basah untuk kucing,”ujarnya.

Apakah kucing bisa mengalami obesitas?

“Kucing yang kelebihan berat badan biasanya tidak memiliki pinggang yang terlihat. Dari samping, perut kucing yang kelebihan berat badan lebih dekat ke tanah daripada ke dada,” kata Coates. “Tanda lain bahwa kucing Anda obesitas adalah Anda tidak bisa merasakan tulang rusuk mereka ketika sedang mengelus sisi tubuh mereka,” tambah Coates.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif