Ilustrasi---ISTOCK/GREGORY_DUBUS-Reader's Digest.
Ilustrasi---ISTOCK/GREGORY_DUBUS-Reader's Digest.

Cara Menangani Keadaan Darurat

Rona tips & trik
Timi Trieska Dara • 24 Agustus 2019 13:06
Terkadang kita berada di dalam posisi darurat. Tak ada salahnya untuk mengetahui cara memecahkan masalah darurat sehari-hari.
 

Jakarta: Dalam kehidupan sehari-hari, ada sejumlah keadaan darurat yang tak dapat kita hindari. Terkunci di kamar mandi? Api kompor? Berikut cara memecahkan masalah darurat sehari-hari, seperti dilansir Reader's Digest.
 
1. Ketika Anda dihinggapi semut, lalat, lebah, atau tikus

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika semut berbaris, atau kutu busuk, lebah, tikus, kelelawar, tungau, atau hama lainnya tinggal di rumah Anda: "Ambil pestisida yang dijual bebas," kata Kyle Gesuelli, pakar perbaikan rumah di layanan aplikasi Handy. 
 
Coba gunakan di "titik panas" mereka, di mana Anda melihat konsentrasi hama tertinggi. Bisa di sekitar bingkai jendela, di bagian belakang lemari, atau di dekat pipa. Anda juga dapat mencoba tips ini untuk menghilangkan semut. Namun, jika masalah tetap ada atau serangan tampaknya tidak terkendali, hubungi profesional penanganan hama.
 
2. Ketika terkunci di kamar mandi
 
Terkadang kunci macet, dan itu bisa sangat mengerikan, terutama untuk anak-anak. Tapi Anda tidak perlu mendobrak pintu atau merangkak melalui jendela.
 
Langkah pertama adalah melihat apakah orang yang terkunci dapat berkomunikasi bagaimana cara membuka kunci pintu. Jika itu gagal, periksa pegangan pintu untuk melihat apakah ada lubang kecil di tengah.
 
Jika ada, gunakan klip kertas yang diluruskan untuk mendorong melalui lubang dan pop kunci di sisi lain. Jika ini bukan kasus yang disarankan Gesuelli, "longgarkan bingkai pintu dengan membuka engselnya sebelum Anda memberikan dorongan yang bagus. Dengan cara ini, pintu dan tulang Anda akan tetap utuh," ujarnya.
 

3. Ketika Anda tak sengaja memecahkan telur di lantai
 
Anda sedang memasak dan telur mendarat di lantai. Telur yang pecah bukan hanya berantakan, tapi bisa licin dan berbahaya. Ini salah satu masalah dapur yang paling sulit untuk dibersihkan.
 
"Menyeka hanya menyebarkan telur mentah ke mana-mana," kata Varda Epstein, seorang ibu dari 12 anak dan ahli pengasuhan anak di Kars4Kids.
 
Jadi, inilah triknya: "Jika Anda menaburkan tumpahan telur dengan garam dan menunggu beberapa menit, telur akan bergabung menjadi massa yang lebih kencang sehingga Anda bisa menyendoknya, membuat pembersihan menjadi jauh lebih mudah." 
 

4. Ketika Anda terbakar atau terpotong saat memasak
 
"Hal pertama yang harus dilakukan dengan luka bakar adalah segera menyiramnya dengan air dan mengoleskan salep antibakteri," kata Dr Jerisa Johnson Berry, DO, ahli yang bersertifikat di bidang pengobatan darurat dan bekerja di beberapa rumah sakit di Florida.
 
"Meskipun mungkin sakit, sangat penting untuk segera membilas cedera, mengoleskan salep, dan menutupinya." Jika lebih dari luka bakar ringan, hubungi dokter Anda untuk menilai, tetapi jika tidak terlalu dalam, Anda dapat mencoba salah satunya pengobatan rumahan untuk luka bakar ringan.
 
Jika Anda terluka secara tidak sengaja dan luka dalam, penting untuk mengunjungi dokter atau ruang gawat darurat dalam waktu 12 jam setelah cedera. Jangan menunggu lebih lama karena menunggu dapat menyebabkan penyembuhan luka yang tidak memadai dan meningkatkan risiko infeksi.
 
"Saya pernah menangani seorang pasien yang menunggu lebih dari 24 jam untuk datang ke UGD setelah terluka untuk laserasi besar dan penundaan ini mencegah kita dari merawat luka secara optimal," kata Dr. Berry.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif