Boneka mempunyai manfaat dalam memicu imajinasi anak-anak (Foto Ilustrasi: David Zhou/Unsplash.com)
Boneka mempunyai manfaat dalam memicu imajinasi anak-anak (Foto Ilustrasi: David Zhou/Unsplash.com)

Tujuh Kegiatan agar Anak Tidak Bosan di Rumah

Rona perkembangan anak
Gervin Nathaniel Purba • 23 Januari 2019 14:51
Jakarta: Tidak jarang anak-anak dilarang main di luar rumah oleh orang tua mereka karena beberapa alasan. Apalagi saat musim hujan ini bisa menjadi alasan yang kuat supaya anak jangan main keluar rumah.
 
Seharian tinggal di rumah kerap membuat anak bosan dan malas bergerak. Memberikannya gadget sebenarnya bukan sebuah solusi untuk menghilangkan rasa bosan. Justru hal ini membuat mereka memiliki masalah pada kemampuan berinteraksi.
 
Namun, ada kegiatan yang bisa membuat anak-anak tetap sibuk, bahagia, dan bermain secara mandiri. Sementara orang tua bisa memperhatikan hal-hal lain. Apa saja itu, berikut beberapa kegiatan yang bisa diterapkan oleh anak saat di rumah:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Buat Pertunjukkan Boneka
Boneka mempunyai manfaat dalam memicu imajinasi dan membantu anak-anak menempatkan beberapa struktur dan tindakan untuk fantasi mereka. Boneka membiarkan anak-anak yang pemalu jadi berani tampil di hadapan penonton.
 
2. Buat Kerajinan Foto dan Scrapbook
Anak-anak biasanya suka bernostalgia, sehingga kegiatan ini mendorong mereka bekerja membuat sesuatu untuk menyimpan semua kenangan berharga itu. Di sini, peran orang tua sangat membantu (jika anak di bawah usia remaja) membantu menyelesaikan scrapbooking.
 
3. Bereksperimen Sains
Bereksperimen sains bersama anak sungguh menyenangkan. Sebagian besar eksperimen sains ini akan membutuhkan pengawasan orang dewasa.
 
4. Membuat Makanan
Bagi orang tua yang hobi memasak, Anda bisa mengajak anak untuk masak bareng dalam mengisi waktu di rumah. Menyiapkan makan siang, membuat kue, dan membuat puding. Ajak anak-anak untuk membuat makanan yang mereka sukai.
 
5. Buat Permainan
Kata permainan identik dengan permainan elektronik. Tetapi orang tua jangan lupakan permainan catur dan kartu UNO.
 
6. Manik-manik
Manik-manik bagus untuk merangsang motorik anak. Membiarkan anak-anak memilih proyek mereka sendiri dapat secara signifikan meningkatkan minat mereka dalam melakukan manik-manik.
 
7. Nonton TV
Menonton film bersama-sama di rumah sangat disenangi oleh anak-anak. Terutama menonton film favorit mereka.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi