Pertimbangkan terlebih dahulu manfaat serta risiko melahirkan di rumah. (Foto: Pexels.com)
Pertimbangkan terlebih dahulu manfaat serta risiko melahirkan di rumah. (Foto: Pexels.com)

Manfaat dan Risiko Melahirkan di Rumah

Rona keluarga
Torie Natalova • 24 April 2019 10:00
Banyak wanita memilih kelahiran di rumah sehingga mereka dapat memiliki kontrol atas lingkungan tempat anak mereka dilahirkan. Keluarga dapat memilih suasana, pencahayaan, dan juga musik. Tapi ada juga risikonya, seperti misalnya prosedur resusitasi bayi atau pertolongan bayi yang sulit bernapas karena kekurangan oksigen juga sering dikhawatirkan. Pertimbangkan manfaat serta risiko terlebih dahulu.
 

 
Jakarta:
Ada beberapa cara melahirkan bayi dan salah satu yang cukup populer belakangan ini adalah melahirkan di rumah. Konsultan dokter anak Dr Tamara Bugembe melihat manfaat sekaligus risiko melahirkan di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melahirkan di rumah sudah melalui perencanaan terlebih dulu dan melihat kehamilan diidentifikasi memiliki risiko yang rendah. Tak hanya itu, rumah tempat melahirkan juga dinilai sebagai lingkungan persalinan yang baik.
 
Banyak ibu yang khawatir melahirkan di rumah akan membuat mereka kesakitan dan tidak ada dukungan medis jika terjadi komplikasi.
 
Sebenarnya, selama persalinan di rumah ibu akan tetap mendapatkan penghilang rasa sakit, dukungan bidan dan bahkan kolam untuk melahirkan dalam air dapat diatur sedemikian rupa untuk membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan.
 
Ketika proses persalinan berlangsung, bidan lain akan sering bergabung untuk membantu bidan utama.
 
Jika ada komplikasi, ambulans dapat dipanggil dan paramedis dapat menunggu di luar tempat persalinan. Apabila perlu ke rumah sakit, mereka dapat masuk ke dalam untuk menstabilkan dan memindahkan ibu serta bayi ke dalam ambulans.
 
(Baca juga: Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Operasi Caesar)
 
Manfaat dan Risiko Melahirkan di Rumah
(Pertimbangkan terlebih dahulu manfaat serta risiko melahirkan di rumah. Foto: Pexels.com)

Manfaat melahirkan di rumah

Banyak wanita memilih kelahiran di rumah sehingga mereka dapat memiliki kontrol atas lingkungan tempat anak mereka dilahirkan.
 
Keluarga dapat memilih suasana, pencahayaan, dan juga musik. Pilihan-pilihan tersebut dapat memiliki efek menurunkan stres yang dialami ibu dan bayi selama proses persalinan. 
 
Dalam sebuah penelitian tahun 2017, wanita yang melahirkan di rumah mengaku merasa lebih terhubung dengan tubuh mereka dan lebih percaya pada pesan nalurinya kapan harus mendorong bayi keluar.
 
Meskipun ada banyak manfaat untuk melahirkan di rumah, Anda harus mengetahui potensi risiko melahirkan di rumah.
 
1. Ekstrasi ventouse atau operasi caesar darurat tidak mungkin dapat dilakukan di rumah. Biasanya, jika kebutuhan untuk operasi terjadi, bidan akan memuat rencana untuk memindahkan ibu dan bayi ke rumah sakit terdekat.
2. Resusitasi bayi (prosedur pertolongan bayi yang sulit bernapas karena kekurangan oksigen) juga sering dikhawatirkan. Bidan yang melakukan persalinan di rumah dilatih untuk melakukan neonatal dan akan memiliki peralatan untuk menstabilkan bayi sambil menunggu paramedis datang.
3. Ibu yang melahirkan di rumah tidak dapat memiliki epidural atau bentuk lain.
4. Membersihkan bekas persalinan di rumah bisa jadi merepotkan. Bidan biasanya akan membantu merencanakan dan mengatur area persalinan untuk meminimalkan kekacauan dan jenis peralatan yang mudah dibersihkan dan dibuang.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif