Ciptakan ritual bermain selama 20-30 menit setiap hari di sore hari yang lebih santai. (Foto: Pexels.com)
Ciptakan ritual bermain selama 20-30 menit setiap hari di sore hari yang lebih santai. (Foto: Pexels.com)

Bunda, Ini Cara agar Jadi Ibu yang Menyenangkan

Rona keluarga
Anda Nurlaila • 26 April 2019 10:15
Untuk menjadi ibu yang menyenangkan, berusaha menjadi lebih menyenangkan, Bliss Boyard memberi tipsnya, yaitu lakukan satu hal secara penuh bersama anak-anak tanpa melakukan tugas lain. Misalnya, menciptakan ritual bermain selama 20-30 menit setiap hari di sore hari yang lebih santai. 
 

 
Jakarta:
Seorang ibu dalam banyak rumah tangga menjadi penanggung jawab dan pelaksana hampir semua aturan keluarga. Ibu dikenal dengan dengan kemampuan multitasking yang dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memastikan kebutuhan seluruh keluarga, mulai dari makanan, pakaian, alat kerja, pekerjaan rumah. Ibu juga bertanggung jawab atas kebersihan, ketersediaan makanan hingga menjadi perawat jika ada anggota keluarga yang sakit. 
 
Namun, hal tersebut memiliki efek negatif, Anda akan berubah menjadi lebih tidak menyenangkan di mata anak-anak dibandingkan suami. 
 
Seperti dikutip dari Parents, tugas harian ibu yang seperti tidak ada habisnya seringkali membuat anak merasa ibu tidak menaruh perhatian pada cerita mereka yang tampak sepele. 
 
Seorang ibu, Bliss Boyard mengakui berusaha menemani dua anaknya bermain. Meskipun demikian ia juga harus merapikan rumah, mencuci dan memasak di saat yang sama. Anak yang berusia lima tahun, Esme mengajukan protes. "Ayah mengajak kami bermain, tetapi ibu tidak."
 
Boyard, mengatakan pernyataan putrinya tersebut mengagetkannya. Ia merasa telah berusaha menjadi ibu yang menyenangkan. 
 
"Tanpa saya sadari, saya berubah menjadi pelaksana aturan. Meminta semua orang sarapan, sampai tepat waktu ke sekolah, memastikan semuanya makan makan seimbang, mendorong anak merapikan mainan," katanya.
 
Bunda, Ini Cara agar Jadi Ibu yang Menyenangkan
(Ciptakan ritual bermain selama 20-30 menit setiap hari di sore hari yang lebih santai. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Trik agar Waktu Makan Anak Menyenangkan)
 
Agar semuanya lancar, Boyard mengatakan, tanpa disadari ia menjadi seorang ibu yang tidak sabar dan suka mengomel pada anak-anaknya. "Saya sering mengancam akan menghitung sampai lima," katanya. 
 
Untuk memutuskan lingkungan tidak sehat dan berusaha menjadi lebih menyenangkan, Boyard memberi bocoran agar tugas ibu tidak terasa berat. 
 
Lakukan satu hal secara penuh bersama anak-anak tanpa melakukan tugas lain. Misalnya, menciptakan ritual bermain selama 20-30 menit setiap hari di sore hari yang lebih santai. Tinggalkan semua pekerjaan dan ajak si kecil membangun jalur kereta api, atau bermain rumah selimut.   
 
Di pagi hari setelah permainan memakai baju sekolah dan sarapan pagi, carilah momentum bermain bersama anak. Anda dapat mengajaknya bermain satu putaran mobil-mobilan atau Candy Land. 
 
Selain menyenangkan, ikatan orang tua dan anak akan lebih erat. Selain itu, anak akan lebih mudah diajak kerja sama jika di lain waktu Bunda perlu menyelesaikan pekerjaan rumah. 
 
"Saya masih terbiasa dengan gagasan bekerja bertujuan untuk bersenang-senang. Mengasuh anak tidak harus berasal dari bagian intuitif seorang ibu yang dewasa, tetapi juga melibatkan anak dalam diri saya," katanya. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif