Tips Merawat Bayi bagi Ibu Baru

Pelangi Karismakristi 14 Februari 2018 18:33 WIB
keluarga
Tips Merawat Bayi bagi Ibu Baru
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kehadiran bayi bisa membawa keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga. Namun, acapkali orang tua, terutama ibu merasa cemas seputar merawat bayi.

Tidak ada aturan yang pasti dalam merawat bayi. Namun, beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda.

1. Dengarkan saran dokter


Sewaktu Anda meninggalkan rumah sakit dengan bayi baru lahir, penting untuk minta saran atau tips dari dokter, misalnya bagaimana cara yang baik untuk menenangkan bayi yang rewel. Penting juga untuk mencatat beberapa tips yang harus diikuti jika terjadi keadaan darurat seperti kolik. Catat juga nomor kontak dokter untuk menanyakan hal-hal yang dalam keadaan darurat.

2. Kebutuhan bayi terbatas

Kebanyakan ibu khawatir mereka tidak mengerti kebutuhan bayi. Penting untuk diketahui bahwa bayi memiliki kebutuhan yang sangat terbatas. Bayi yang baru lahir biasanya akan menangis jika merasa lapar atau mengantuk. Jadi, jika Anda baru saja menyusuinya, cobalah untuk membuat mereka tertidur. Jika itu masih tidak membantu, usahakan jaga agar bayi tetap dekat dengan dada dan tenangkan bayi, ini akan memberikan kehangatan untuknya seperti dalam rahim.

3. Meminta bantuan orang di sekitar Anda

Tugas dan tanggung jawab ibu baru bisa saja mengakibatkan kelelahan. Paling tidak Anda bisa membaginya dengan mencari bantuan orang rumah yang berpengalaman. Hal ini akan membuat Anda lebih rileks dan punya waktu untuk sendiri.

4. Jaga kebersihan

Selalu pastikan pakaian bayi sudah dicuci dengan benar. Semua botol dan tempat makanan harus benar-benar steril. Selain itu, Anda juga harus membuat dia selalu nyaman untuk mengobati rindunya dengan kehangatan rahim ibu.

5. Jangan terlalu sering memandikan bayi

Meskipun terkadang tubuh bayi kotor dan bau, lebih baik jangan biarkan mereka terlalu sering mandi. Pertama, tidak disarankan untuk memandikan sendiri tanpa campur tangan orang yang sudah berpengalaman. Selain itu, kulit bayi yang masih lembut tidak bisa menahan air dan sabun yang keras.

6. Jangan pernah mencoba menidurkan bayi

Bayi akan tidur dengan sendirinya jika mereka mau. Mencoba membuat mereka tertidur hanya akan membuatnya terlelap dalam waktu yang singkat. Sebaiknya ikuti pola tidur alami bayi. Anda mungkin juga bisa tidur siang bersamanya agar menjaga tubuh tetap segar. Jangan lupa untuk selalu melapisinya dengan kain yang lembut sebelum dia tidur.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id