Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Teknik Menenangkan Bayi Rewel

Rona bayi
Anda Nurlaila • 11 Oktober 2019 15:08
Jakarta: Pada tiga bulan pertama kehidupannya, bayi kerap gelisah dan rewel pada waktu sore menjelang malam. Tak mengherankan banyak yang menjuluki waktu terburuk bayi. 
 
Meski tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa bayi sangat rewel pada jam 4 hingga 6 sore, banyak orang tua merasa kewalahan. Waktu ini sering disebut "jam penyihir" atau "jam arsenik". Sebab bayi sangat sulit ditenangkan. Jodi Mindell dari klinik gangguan tidur di Children's Hospital Philadelphia mengatakan "Ini waktu yang sulit bagi hampir setiap keluarga," katanya seperti dimuat Parents. 
 
Mengapa sore menjelang malam dalam tiga bulan pertamanya bayi cenderung rewel? Dokter anak Harvey Karp mengatakan sama seperti orang dewasa, bayi merasa lelah di akhir hari. Di waktu yang sama bayi juga paling sulit rileks akibat suhu tubuh yang mencapai puncak. Sehingga pada waktu ini bayi terjaga maksimal, lelah namun tidak bisa beristirahat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem saraf bayi yang belum matang juga memengaruhi. Otak bayi tidak dapat memodulasi perilaku dengan beralih dari gelisah menjadi lebih tenang.
 
Terakhir, tubuh bayi baru lahir  menghasilkan sangat sedikit melatonin, zat kimia yang membantu membentuk siklus tidur-bangun. Berarti dia tidak dapat dengan mudah membedakan antara siang dan malam, atau tidur lebih dari beberapa jam secara berurutan. Di akhir hari, bayi akan kelelahan.
 
Beberapa perubahan 
 
Sekitar usia 4 bulan, kecenderungan bayi rewel di waktu senja berkurang. Tubuhnya mulai memproduksi lebih banyak melatonin, dan otaknya makin matang hingga ia dapat dengan mudah mengalihkan perhatiannya dari satu hal ke hal lain. "Ini berarti bayi lebih mampu membuat diri mereka sibuk," Dr. Herschkowitz menjelaskan.
 
Setelah periode tenang di usia 4-6 bulan, bayi kembali mengalami periode gelisah saat usianya 7 bulan akibat perubahan perkembangan. Pada usia ini, bayi selalu ingin tahu dan senang dengan hal-hal baru sehingga sering menolak tidur dan rentan rewel. Aktivitas yang menguras tenaga seharian akan menambah kelelahan mereka di sore hari. 
 
Untuk mengatasinya, ada beberapa teknik yang dapat membantu meringankan kecemasan bayi dan menghindarkan si kecil dari gelisah atau menangis. 
 
Membedong atau lampin
 
Sampai sekitar usia 4 bulan, bayi sering lebih mudah tenang jika mereka dibungkus dengan nyaman dalam selimut. Itu meniru sensasi kepompong di dalam rahim. Dan ketika gerakan bayi Anda dibatasi, ia cenderung tidak memukul-mukul dan secara tidak sengaja mengenai dirinya sendiri, penyebab tangisnya semakin keras. 
 
Sesuaikan jadwal
 
Jika bayi Anda selalu rewel pada pukul 4 sore, ubah jadwal tidurnya secara bertahap sehingga ia bangun di sore hari, atau perbanyak tidur siangnya. Bayi mungkin menangis karena lapar.  Susui bayi sebelum Anda makan malam. Jika bayi sudah makan makanan padat, beri bayi makan. Atau jika belum makan makanan padat berikan camilan. 
 
Bawa dia ke zona nyaman
 
Dengarkan suara menenangkan dan white noise. Tempatkan bayi pada ayunan di sebelah pengering pakaian, dengung AC, penyedot debu atau ajak bayi berjalan-jalan sebentar. 
 
Alihkan perhatiannya
 
Mengajaknya berjalan-jalan membantu mengalihkan  bayi dari suasana hati yang buruk sambil mengangkat semangat Anda.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif