Berikut beberapa cara meningkatkan ingatan anak. (Foto: Pexels.com)
Berikut beberapa cara meningkatkan ingatan anak. (Foto: Pexels.com)

5 Siasat Tingkatkan Kemampuan Memori Anak

Rona perkembangan anak
Anda Nurlaila • 26 Juni 2019 06:00
Sebagai orang tua, Anda dapat bekerja sama dengan guru untuk meyakinkan dan membantu anak meningkatkan kemampuan ingatan anak. Semakin banyak latihan, ingatan anak semakin mudah menangani berbagai beban informasi. Peneliti dan Profesor psikologi di Loyola University Chicago Catherine Haden mengatakan Anda bisa mencari hal yang detail kemudian tanyakan kembali pada si kecil.
 

Jakarta: Setiap hari sejak bangun tidur anak harus berhadapan dengan berbagai rutinitas hingga pelajaran di sekolah yang memerlukan keterampilan memori. Tuntutan akademis yang semakin meningkat membuat sebagian anak merasa tidak yakin dengan kemampuan ingatan mereka. 
 
Akibat terlalu banyak aktivitas dan pelajaran dalam sehari, tidak jarang anak lupa hal-hal yang telah mereka pelajari di sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun di akhir hari, ingatan anak justru menguat. Sementara aktivitas prasekolah mengembangkan keterampilan sosial dan bermain, "Pada anak usia sekolah dasar dan taman kanak-kanak lebih pada pengolahan dan menyimpan berbagai jenis informasi," kata psikolog anak Lisa Dissinger.
 
Sebagai orang tua, Anda dapat bekerja sama dengan guru untuk meyakinkan dan membantu anak meningkatkan kemampuan ingatan mereka. 
 
5 Siasat Tingkatkan Kemampuan Memori Anak
(Semakin banyak latihan, ingatan anak semakin mudah menangani berbagai beban informasi. Foto: Pexels.com)

Ingatan sangat penting 

Memori adalah proses penting. Pada anak usia enam sampai delapan tahun mengembangkan berbagai strategi untuk membantu mereka mengingat informasi.
 
Mengingat membutuhkan kemampuan menyimpan informasi selama beberapa detik (memori jangka pendek), kemudian selama beberapa menit saat memanipulasi informasi (memori kerja aktif), dan akhirnya untuk periode waktu yang lama (memori jangka panjang). 
 
Ketika menyalin kata-kata ejaan dari papan tulis, anak mengingat urutan huruf kemudian menuliskannya tanpa harus melihat papan tulis. Sebagian mengulang kembali kata-kata tersebut untuk membantu diri mereka mengingat. 
 
Semakin banyak latihan, ingatan anak semakin mudah menangani berbagai beban informasi. Berikut beberapa cara meningkatkan ingatan, seperti dimuat dalam Parents:
 
5 Siasat Tingkatkan Kemampuan Memori Anak
(Sebagai orang tua, Anda dapat bekerja sama dengan guru untuk meyakinkan dan membantu anak meningkatkan kemampuan ingatan anak. Foto: Pexels.com)

1. Cari detail 

Studi menunjukkan orang tua dapat membantu memori jangka panjang anak dengan memasukkan banyak pertanyaan dan spesifik dalam percakapan tentang peristiwa masa lalu dengan si kecil. 
 
Peneliti dan Profesor psikologi di Loyola University Chicago Catherine Haden mengatakan, misalnya setelah berkunjung ke sirkus  tanyakan kepada anak apa aksi yang paling mereka sukai, bagaimana pertunjukan para penampilnya. Bantu anak jika dia tidak dapat menyebutkan detailnya. 

2. Mainkan game memori

Permainan kartu bagus untuk meningkatkan ingatan. Atau saat di mobil coba permainan seperti "Saat akan piknik, saya akan membawa ...,". Berikan kesempatan bagi setiap orang untuk menambahkan item dan mengulangi apa yang dikatakan orang sebelumnya. 

3. Sarankan strategi

Cari trik ingatan yang dapat membantu anak. Misalnya, ketika mengajar kiri dan kanan, minta dia mengangkat kedua tangan menjadi bentuk huruf L. Tangan dengan huruf L yang menghadap ke depan adalah tangan kiri.

4. Bagi dan kuasai

Jika anak harus menghafal sebuah puisi pendek atau mengerjakan tugas, minta dia membagi tugas menjadi beberapa bagian dan kerjakan bagian tersulit lebih dulu. 

5. Banyak latihan

Tawarkan untuk menanyai anak tentang tabel yang ia kuasai. Coba ulangi angka-angka itu dengan keras untuk membuatnya lebih mudah diingat. Setelah mengujinya dalam mengeja, minta anak mengucap dan menulis ulang kata-kata sulit.
 
Saat anak menyadari bahwa ingatan adalah proses aktif, ia akan merasa lebih pintar dan lebih percaya diri bahwa ia dapat menangani topik-topik rumit.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif