Hewan peliharaan dapat membantu mengurangi perasaan isolasi sosial pada manusia. (Ilustrasi/Pexels)
Hewan peliharaan dapat membantu mengurangi perasaan isolasi sosial pada manusia. (Ilustrasi/Pexels)

Pertemanan dengan Hewan Bisa Sekuat Pertemanan Manusia

Rona hewan peliharaan
Kumara Anggita • 05 Agustus 2020 09:03
Jakarta: Selama ini beberapa orang hanya menganggap bahwa sahabat adalah sesama manusia. Namun, ternyata penelitian menunjukkan bahwa persahabatan yang dalam bisa juga didapatkan dari hewan.
 
Dilansir dari The Healthy, Marta Borgi, rekan penulis di Frontiers in Psychology telah melakukan penelitian mendalam pada hubungan manusia-hewan. Ia mengungkapkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu mengurangi perasaan isolasi sosial pada manusia.
 
“Hubungan dengan hewan memiliki karakteristik yang mirip dari hubungan manusia-manusia. Ada keintiman emosional, persahabatan, kepercayaan, kesetiaan, komitmen, kasih sayang, penerimaan, simpati, kepedulian terhadap kesejahteraan orang lain, serta waktu yang dihabiskan bersama dan pemeliharaan ikatan pasangan setelah lama pemisahan,” kata Borgi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Banyak pemilik tinggal dekat dengan hewan peliharaan mereka, berbagi ruang domestik dan sumber daya keuangan dengan anjing-anjingnya, memandang anjing sebagai kerabat psikologis dan anggota keluarga yang setara,” lanjutnya.
 
Ia menjelaskan bahwa interaksi positif dengan hewan seperti ini dapat memengaruhi fungsi kekebalan tubuh manusia. Ini akan memudahkan orang untuk pulih dari penyakit dan pada akhirnya memperpanjang umur manusia.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif