Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi mengatakan semua orang punya kecerdasan tersendiri. (Foto: Pexels.com)
Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi mengatakan semua orang punya kecerdasan tersendiri. (Foto: Pexels.com)

Cara Mengetahui Passion Anak

Rona perkembangan anak
Kumara Anggita • 27 Agustus 2019 19:17
Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi mengatakan semua orang punya kecerdasan tersendiri. Ketika orang tua sudah melihat kecenderungan passion anak, maka Anda sebagai orang tua bisa memfasilitasinya ke jenjang formal.
 

 
Jakarta: Banyak orang hidup tanpa mengetahui passion-nya, padahal orang yang menjalani hidup dengan passion dapat hidup secara maksimal dan bahagia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, bantu anak Anda untuk menemukannya sedini mungkin. Berikut cara mengetahui passion anak menurut Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Roslina Verauli, M.Psi., Psi.
 
Passion dapat ditemukan dari memerhatikan gerak-gerik anak. Lihatlah kepekaan anak dominan di mana. "Chef Gerry Girianza tadi cerita dia mencium bau bumbu (waktu kecil)," ujarnya di Jakarta.
 
"Semua orang punya kecerdasan tersendiri ya. Jadi kepekaan yang melebihi orang biasa," lanjutnya.
 
Anda akan melihat anak bisa memanfaatkan berbagai hal di sekitarnya secara natural. Kreativitas muncul di dirinya.
 
"Ketika anak cukup piawai secara alamiah. Dia (Chef Gerry) bisa berkreasi dengan apa pun. Tak ada air, dia bisa ganti dengan yang lain. Ketika anak punya berbagai kognisi. Nalarnya bekerja di dapur. Dia tahu dia punya bakat," jelasnya.
 
Ketika Anda sudah melihat kecenderungan tersebut maka Anda sebagai orang tua bisa memfasilitasinya ke jenjang formal.
 
"Yang bisa dilakukan, fasilitasi. Support. Masak yuk secara formal. Karen edukasi penting," ungkapnya.
 
Cara Mengetahui Passion Anak
(Dukung passion anak jika Anda sudah melihat bakat dan apa yang ia sukai. Foto: Pexels.com)

Mengikuti passion tingkatkan kesehatan mental dan fisik

Dilansir dari A Place For Mom, Robert J. Valler penulis "The Role of Passion in Sustainable Psychological Well-Being" menjelaskan bahwa 'kesejahteraan psikologis' adalah kebahagiaan, kepuasan hidup dan pertumbuhan diri.
 
Efek dari kesejahteraan psikologis akan membuat kehidupan jadi seimbang dan bahagia. Passion memberi seseorang dorongan untuk memperbaiki diri dan mengejar tujuan, dan dan dari sana akan ada peningkatan perasaan bahagia dan kepositifan. Ini karena mereka melakukan aktivitas yang mereka sukai.
 
Perasaan bahagia juga dapat memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan secara keseluruhan. Sebuah artikel yang diterbitkan oleh Thrive Global menjelaskan bahwa banyak penelitian ilmiah telah menemukan hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan yang baik.
 
Dalam abstraknya, Vallerand menjelaskan bahwa orang yang bahagia mengalami sejumlah manfaat mulai dari kesehatan fisik, hubungan yang lebih baik, dan kinerja tingkat tinggi.

Beberapa manfaat mengikuti passion pada fisik antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan otak, termasuk daya ingat dan kelincahan mental.
2. Peningkatan kualitas tidur.
3. Menurunkan tekanan darah.
4. Menurunkan risiko penyakit jantung.
5. Risiko stres, kecemasan, dan depresi yang lebih rendah (dan gejala fisik yang menyertainya).
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif