Memberikan kata sandi handphone tergantung pada pasangan mereka. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)
Memberikan kata sandi handphone tergantung pada pasangan mereka. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)

Haruskah Membagikan Kata Sandi Handphone ke Pasangan?

Rona keluarga
Dhaifurrakhman Abas • 08 Mei 2019 15:01
Membagikan kata sandi handphone ke pasangan tergantung dari hubungan. Jika sama-sama saling percaya, maka tidak perlu dipermasalahkan.
 
Jakarta: Pertengkaran dalam sebuah hubungan rumah tangga barangkali merupakan hal yang wajar. Bahkan beberapa orang berpendapat ini merupakan bumbu yang mempererat suatu hubungan.
 
Namun dari sekian banyak perkelahian, ada satu yang cukup membingungkan. Misalnya pertengkaran yang terjadi karena tidak saling membagikan kata sandi handphone ke pasangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal beberapa orang percaya bahwa sebagai pasangan yang sudah menikah, mereka tidak boleh menyimpan rahasia. Mereka seolah menjadi pengikut mazhab 'apa yang menjadi milikmu adalah milikku'.
 
Tidak heran hal yang tampaknya sederhana ini berkembang menjadi masalah besar. Bahkan berujung pada pertengakaran hebat.
 
Namun di satu sisi, setiap orang memiliki hak atas privasinya. Lantas, fenomena Ini membawa kita pada pertanyaan penting. Haruskah pasangan menikah atau orang-orang dalam suatu hubungan berbagi kata sandi satu sama lain?
 
Menurut pakar hubungan dari India, Shweta Singh, tidak ada jawaban yang jelas untuk ini. Menurut dia, memberikan kata sandi tergantung pada pasangan mereka.
 
"Anda perlu bertanya pada diri sendiri mengapa Anda membutuhkannya. Jika karena Anda tidak mempercayai pasangan Anda, maka ada masalah yang lebih besar untuk dilihat," kata Singh yang juga merupakan psikolog konsultan senior.
 
Tetapi sebetulnya apakah ada ruang dan batasan privasi dalam suatu hubungan? Menurut Singh, hal ini tentu ada, namun, batasan ini juga bisa berbeda di setiap pasangan menikah.
 
"Apa yang mungkin baik untuk satu pasangan mungkin tidak demikian untuk pasangan lainnya. Setiap orang memiliki definisi sendiri tentang privasi dan ruang pribadi dalam suatu hubungan," ujar Singh.
 
Haruskah Membagikan Kata Sandi Handphone ke Pasangan?
 
Misalnya saja, kata Singh, pasangan mungkin mulanya merasa nyaman berbagi kata sandi satu sama lain. Jika tiba-tiba salah satu mitra mulai melindungi kata sandi ponselnya dan mengunci beberapa aplikasi, ini bisa menyebabkan persoalan lain.
 
"Pasti akan membuat orang lain curiga karena ada sesuatu yang salah," sambung dia.
 
Oleh sebab itu, Singh tidak melihat adanya aturan privasi dalam sebuah hubungan pernikahan. Sebabnya memang belum ada hukum yang mengatur hal itu.
 
Di satu sisi, ada pasangan yang baik-baik saja dengan batas-batas yang telah mereka tetapkan dalam hubungan. Sebaliknya, ada pasangan yang mempersoalkan batasan atau privasi dalam sebuah hubungan.
 
"Namun yang jelas, jika ada masalah kepercayaan, termasuk kata sandi telepon, opsi terbaik adalah membicarakannya secara langsung dengan pasangan Anda," tandasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif